Cara Yang Benar Membuat Sistem Operasi Virtual Tanpa Software Aplikasi

Sistem operasi merupakan salah satu bagian terpenting dalam menjalankan perangkat, salah satunya komputer/laptop. Ada banyak sekali jenis sistem operasi yang ada sekarang dan turunan-turunannya, misalnya saja Linux yang memiliki ratusan turunan dan jenisnya. Selain linux ada juga Sistem Operasi Windows yang juga memiliki banyak versi.

Apabila kita ingin mencoba segala jenis sistem operasi tentu saja dengan melakukan instalasi. Untuk proses instalasi sendiri memang sangat repot apabila menginstalnya di hardisk karena data sistem lama kita akn terhapus. Tetapi ada cara yang unik dan simpel untuk mencoba semua OS tersebut, yaitu dengan membangun sebuah mesin virtual. Ada beberapa kegunaan apabila kita membangun sistem operasi virtual sendiri, diantaranya:

  • Bisa Digunakan untuk testing suatu OS
  • Dapat menggunakan Sistem Operasi sekaligus pada satu waktu
  • Tidak perlu kehilangan data saat instalasi Sistem Operasi (OS)

Di Kesempatan kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara membuat sistem operasi virtual tanpa bantuan software/aplikasi, tentu saja hal ini menjadi sangat simpel karena tak perlu melakukan instal software yang bisa menambah beban Sistem dan Hardisk.

Untuk melakukanya kita bisa menggunakan fitur bawaan Windows, tentu saja fitur ini bisa dicoba di Windows 10/11/versi terbaru lainya. Jadi jika masih menggunakan sistem operasi Windows di bawah Windows 10, sebaiknya kalian melakukan instalasi windows 10 terlebih dahulu atau bisa melakukan upgrade Windows 11 di komputer jadul kalian. Berikut ini langkah-langkahnya:

Tutorial Cara Login Banyak Akun WA dan Telegram Di Komputer

  1. Kalian download file .ISO sistem operasi yang ingin kalian buat, jika sudah didownload bisa langsung pergi ke Start Menu - ketikkan Hyper - dan pilih Turn Windows features on or off

  2. Setelah itu centang pada bagian Hyper-V dan simpan lalu keluar

  3. Lalu cari Hyper-V di Start Menu dan jalankan

  4. Kemudian pilih Virtual Switch Manager - pilih External dan create Virtual Switch - pilih external - create virtual swicth

  5. Kasih nama OSnya dan atur koneksi internetnya lalu Apply dan OK

  6. Lihat pada bagian kiri, nanti muncul menu baru kalian klik kanan - Quick Create Kemudian pilih file .ISO sistem operasi yang diinginkan- Create Virtual Machine Disini mesin virtualnya sudah disetting, saatnya menjalankan dan start untuk memulainya. Tunggu sampai masuk ke Desktop

Jika masih belum jelas kalian bisa simak video berikut:

Dengan membuat sistem operasi virtual seperti ini, maka kita tidak perlu lagi menginstal ulang hardisk kita di komputer yang bisa membuat kehilangan data serta mesin virtual ini juga bisa digunakan untuk melakukan uji atau pengetesan software jika memasang aplikasi tersebut aman dan tidak berbahaya karena tersisipi virus.

Download Windows .ISO

Winodws 10 .ISO Winodws 11 .ISO
  • Pada umumnya kapasitas yang dibutuhkan untuk menginstal adalah 30 GB, lebih besar lebih baik.
  • Tidak hanya windows saja, cara ini bisa digunakan untuk menginstal Linux atau Sistem operasi lainya.
  • ..... Hack WiFi Fungsi dan kegunaan dari membuat sistem operasi virtual adalah untuk pengujian lan tester atau bahkan lebih. Jadi jika ada OS baru atau ingin mencoba OS lainya, dengan cara ini kita bisa mencoba dan menguji OS tersebut sebelum diterapkan di sistem operasi aslinya. Bahkan bisa digunakan untuk menguji suatu software jika dicurigai terdapat virus yang bersembunyi.