Cara Yang Benar Instal Windows 10 Agar Tidak Mudah Error

Windows 10 merupakan salah satu sistem operasi yang sangat baik karena sangat susah di jebol dan memiliki tingkat keamanan yang tinggi dari pada Windows 7. Selain itu Windows 10 juga memiliki tampilan yang sangat halus dan lebih terbaru dari pada windows 7, oleh sebab itu banyak dari pengguna Windows yang mulai upgrade ke Windows 10 ini.

Selain dapat diinstal di pc/laptop, ternyata Windows diinstal di Sistem Android juga bisa. Karena fleksibilitas ini, Windows 10 sudah menjadi OS favorit dari pada Windows 7 yang mulai ditinggalkan secara perlahan oleh pengguna Windows.

  • Ada beberapa keunggulan Windows 10 dari pada Windows sebelumnya, Diantaranya:
  • Lebih aman karena update selalu hadir untuk melengkapi lubang keamanan yang belum di patch
  • Terdapat fitur fingerprint dan retina scanner Tampilan yang lebih bagus dan jernih

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips dan trik yang ampuh bagaimana melakukan Instal Windows 10 Dengan benar dan cepat Selain itu cara ini bisa digunakan agar Windows 10 tidak gampang rusak karena virus atau salah pengaturannya. Oke langsung saja caranya sebagai berikut ini:

Tutorial Cara Instal Windows 10 Agar Awet Tidak Mudah Rusak

  1. Pertama kalain download terlebih dahulu beberapa alat tempurnya, Rufus dan file ISO Windows 10 Original nya. Jika sudah di download Buka Rufus. Sebelumnya kalian harus menancapkan USB Flashdisk ke Port usb Laptop/PC, jika sudah langsung pilih Select pada boot Selection - Arahkan ke file Download Windows 10 ISO nya - Dan pada bagian Partition Scheme Rubah menjadi MBR - jika sudah semua langsung saja klik Start dan tunggu hingga prosesnya selesai.

  2. Jika proses Rufusnya selesai, kalian cabut flashdisknya dan tancapkan ke laptop/komputer yang akan diinstal Windows 10. Langkah berikutnya kita akan mensetting pengaturan Bios agar bisa booting ke USB, Kalian tancapkan Flashdisk lalu tekan F2 untuk Laptop atau Del untuk PC

  3. Apabila sudah masuk bios pergi ke bagian Booting Atur posisi Booting agar USB Flashdisk di posisi pertama dengan menekan F5/F6 untuk menaikan dan menurunkan posisinya - SImpan dan Restart/Exit.

  4. Jika nanti ada layar Press Any Key To Boot from USB, Kalian tekan Enter

  5. Tunggu hingga proses booting Windows 10 otomatisnya memasuki layar penginstalan. Jika sudah masuk layar penginstalan kalain pilih Instal Now - Pilih Bahasa - Dan Pilih Jenis Sistem Operasinya - Pilih Custom Install Pada pemilihan Hardisk

  6. Pada pemilihan Hardisk, kalian hapus bagian Partisi yang tidak dipakai lagi. Jika di Hardisk kalian memiliki OS atau sudah ada Instalasi kali linux, hati-hati terhapus data kali linuxnya. Pilih hardisk yang tidak terpakai untuk meletakkan file sistem Windows 10 agar bisa diinstal. Minimal kapasitasnya 30 GB, tetapi agar lebih prima karena Nanti dibuat menginstal software-software yang dibutuhkan sebaiknya 60 GB itu sudah cukup. Apabila sudah mengatur besaran partisi kalian next - dan tunggu Hingga proses Instalasi Windowsnya selesai.

  7. Jika sudah selesai instalasi, maka windows akan restart - tunggu hingga muncul jendela pengisian data untuk komputer/pc/laptop baru. Kalian isi sesuai dengan keinginan, Seperti: Nama Komputer, Password, Akun Microsoft dll. Jika sudah diisi semua kalian tunggu lagi hingga masuk ke layar Desktop Windows 10. Selesai, Kalian berhasil instal Windows 10 Sendiri tanpa bantuan tukang servis, lumayan buat belajar IT sendiri.

Jika masih tidak jelsa dan tidak paham, kalian bisa simak video berikut:

Tidak hanya untuk mendownload video di facebook saja, web tersebut juga bisa digunakan untuk mendownload video dari youtube dan instagram. Dengan trik ini kalain bisa dengan leluasa dan mudah untuk mendownload video di FB tanpa bantuan software atau aplikasi. Semoga tutorial ini bermanfaat dan berguna.

Download Windows 10 Original
Download
  • Cara diatas bisa kalian lakukan jika ingin menginstal windows lainya, seperti: Instal Windows 7, Windows 8, Bahkan Windows 11 di PC Jadul atau Versi OS Lainya Seperti Kali Linux. Tentu saja harus memiliki USB/Flashdisk minimal 4GB agar bisa lancar dalam proses instalasinya.
  • Virus biasanya menyerang suatu sistem operasi karena kesalahan dari penggunanya sendiri, seperti mendownload sesuatu di internet yang bisa terkena virus yang bisa membuat lemot sistem komputer. Saranya agar tetap stabil tidak lemot adalah dengan mem backup sistem windows. Jadi jika sewaktu-waktu windows mulai lemot bisa dikembalikan atau Restore lagi seperti semula tanpa harus instal ulang yang bisa menghilangkan garansi dan serial key.
  • Ada banyak penyebab kenapa kalian tidak bisa booting di USB Bootable padahal sudah menggunakan Rufus untuk membuat USB Bootable. Salah satunya adalah salah dalam mengatur Partition Scheme pada settingan rufus sebelum memflash usb. Pastian atur ke MBR jangan ke GPT untuk komputer terbaru.

Posting Komentar