Cara Membuat Backup Sistem Windows Agar Tidak Kena Virus Terbaru 2022

Backup Recovery Image merupakan fitur berguna untuk membackup atau menyalin settingan dan file windows ke dalam sebuah file image dengan tujuan untuk mengembalikan system jika sewaktu-waktu sistem operasi windows pada komputer kita lemot atau bahkan terkena serangan virus.

Tentu saja cara ini sangat berguna dan bermanfaat apabila kita menggunakan windows original dan tidak ingin rusak karena virus atau salah pengaturan sehingga kita tidak bisa masuk ke system windows blank screen ataupun error.

Bayangkan saja jika kita tidak membackup sistem windows kita lalu sistem komputer kita terkena virus sehingga mengharuskan untuk instal ulang windows, itu sangat merugikan mengingat sistem operasi windows kita beli atau asli (Original).

Untuk mengatasi agar sistem windows asli original kita tidak hilang jika melakukan install ulang, maka kita perlu untuk membackupnya demi menjaga keaslian sistem operasi windows kita.

Beberapa Manfaat jika kita Membuat Backup Recovery Image Windows:
  • Jadi tidak khawatir jika komputer lemot atau lambat karena banyak file sampah
  • Tidak takut lagi jika kena virus yang membuat lambat komputer kita
  • Mengamankan data dari berbagai macam masalah
Pada postingan kali ini saya akan membagikan tutorial untuk mengamankan windows agar tetap ori jika kena virus yaitu dengan Membuat Backup Recovery Image Windows 10. Oke langsung saja ya guys:


Tutorial Backup Restore Windows 10 Untuk Hilangkan Virus Yang Membandel

  1. Pertama-tama kalian siapkan terlebih dahulu usb flashdisknya dan format ke NTFS. Pastikan kapasitas USB Flashdisknya pas untuk menampung file backup. Besaran file itu tergantung isi dari system dan aplikasi yang sudah terinstall di PC/Laptop

  2. Kemudian buka Control panel - Backup and Restore 


  3. Setelah itu kalian pilih Create a System Image - Dan tentukan letak penyimpanan file backup.


  4. Langkah keempat pilih lokasi untuk menyimpan file backupan system windows dan checklist tunggu hingga prosesnya selesai. Jika sudah selesai maka nanti akan menampilkan peringatan untuk membuat CD repairnya. Jika kalian ingin membuat CD repair kalian bisa membuatnya dengan memasukkan CD Kosongan atau bisa lewat flashdisk yang berbeda. Dan jika kalian sudah memiliki CD Instalasi Windows, maka tidak usah membuat CD Repairnya karena pada CD instalasi windowsnya sudah ada fitur Repair.

  5. Oke jika sudah selesai kita telah membuat file backup di flashdisk, sekarang saya akan mencontohkan di Laptop saya ini ada virusnya dan virus ini membuat banyak shortcut dan membuat laptop saya tidak bisa masuk ke windowsnya. Lalu saya akan merecovery system windows yang kena virus ini. Apakah virusnya akan hilang dan bisa kembali normal seperti saat saya membackup tadi.


  6. Restart Laptop, lalu tekan F2 agar masuk ke menu bios komputer dan masukkan CD instalasi windows pada CD Rom dan jangan lupa untuk mensetting bios agar mau booting lewat CD Rom dengan merubah posisi Booting, Jika tidak punya CD instalasi windows, kalian bisa membuat Instalasi Windows Lewat Flashdisk (USB Bootable). Lalu Save Dan Exit


  7. Setelah itu komputer akan merestart kalian akan menemukan melihat jendela hitam dengan tulisan "Press Any Key To Boot From CD or DVD" tekan enter agar bisa memulai booting dan  bisa membaca proses CD Romnya. Kemudian jika sudah masuk ke jendela instalasi kalian pilih bahasa yang diinginkan kan lalu next dan pilih repair your computer.


  8. Langkah selanjutnya kalian tancapkan USB Flashdisknya agar kebaca oleh sistem restore. Jika USB Flashdisk sudah tertancap kalian bisa melanjutkannya dengan pilih Troubleshoot - System Image Recovery. Maka file backup akan muncul secara otomatis. Kalian Next - Next. Lalu tunggu hingga proses recovery nya selesai.

  9. Jika proses recovery nya selesai, maka pc atau laptop akan me-restart. DAN Sukses masuk sistem winodws dan Virus shortcutnya juga hilang bersih.

Jika masih belum jelas, kalian bisa simak video berikut ini:

Apabila terjadi error 0xc0000000f saat startup, kalian bisa mengembalikan booting seperti awalnya saja. Tetapi cara ini 100% sukses dan sudah saya praktekkan sendiri

Kenapa virusnya bisa hilang? karena kalian sudah membackupnya sebelum kena virus shortcut ini tadi lalu merecovery nya ke poin sebelum terkena virus. Mungkin cukup sekian dulu tutorial cara membackup sistem windows kali ini, semoga tutorial ini bermanfaat.