Cara Yang Benar Membuat Instalasi Windows Di USB Flashdisk (USB Bootable)

CD Instalasi windows sangatlah penting di buat karena untuk berjaga-jaga apabila system windows kita rusak atau terkena virus. Jika kita ingin membuat CD instalasi windows dengan menggunakan CD kosong dan di bakar atau burning, hal tersebut membuat kita jadi repot karena harus membeli CD kosong dan tentunya dengan menggunakan CD berarti kita harus siap dengan CD Romnya. Yang jadi pertanyaan CD Rom laptop atau PC memang sering kali bermasalah dan terkadang susah untuk membaca isi dari CD. 

Masalah lambatnya membaca lewat CD Rom ini dikarenakan lensa kotor karena debu kecil yang masuk lewat sela-sela Laptop atau komputer.
Sebagai cara alternatifnya kita akan membuat CD instalasi windows memakai bantuan Flashdisk dengan kapasitas minimal 4 GB. Manfaat memakai USB Flashdisk dari pada menggunkaan CD Kosongan:
  • Lebih Hemat, praktis dan bisa digunakan kapan saja.
  • Tidak gampang rusak dan mudah dibaca oleh komputer/laptop.
  • Bisa di hapus dan diisi sistem OS lainnya jika sudah tidak terpakai lagi.

Jita sudah menegtahui beberapa manfaat menggunakan USB flashdisk dari pada CD Rom dan jika saya disuruh memilihnya, maka jawabanya adalah menggunakan USB flashsik lebih simpel dan bisa digunakan untuk berulang kali dan bisa dipakai untuk mengisi cd instalasi linux dan lain-lain. Oke langsung saja ya guys, saya akan membagikan tutorial Cara Membuat CD Instalasi Widnwos Di Usb Flashdisk Dengan Benar agar bisa terbaca oleh komputer atau laptop:


Tutorial Membuat USB Instalasi Windows 7/8/910 Agar Terbaca Saat Booting

  1. Pertama siapkan file ISO instalasi windows original jika belum punya, kalian download di website resminya microsoft atau via Gdrive | Mediafire.

  2. Setelah di donwload kalian download juga dan jalankan aplikasi yang namanya Rufus

  3. Setelah didownload semua bahannya, buka rufus -  Lalu tancapkan Flashdisk ke colokan USB PC/Laptop - Jika flashdisk sudah terdeteksi, kalian tekan tombol SELECT - pilih file .ISO windows yang sudah di download tadi - pada Kolom Partition scheme berubah menjadi MBR -Lalu Start untuk memulai proses pembuatan usb bootable.

  4. Tunggu Hingga prosesnya selesai - jika sudah selesai kalian restart dan tekan tombol Del untuk pc kalau laptop tekan tombol F2 pada keyboard untuk masuk BIOS dan mensetting pengaturan Booting pertama nya.

  5. Jika sudah masuk BIOS kalian pergi ke bagian Boot Setting - Lalu merubah posisi Boot yang nomer 1 tadinya dari hardisk sekarang rubah menjadi USB. (Untuk menu BIOSnya sendiri tergantung Motherboard yang dipakai)
  6. Jika sudah di atur posisi USBnya kalian tekan F10 untuk menyimpan dan restart.
  7. Apabila sudah mulai Booting dan melihat kaliman Press Any Key to Boot From USB - kalian tekan Enter pada keyboard atau tombol lainya untuk konfirmasi.

  8. BERHASIL, kalian bisa Booting ke instalasi, tinggal melakukan Instalasi Windows nya saja. Kalian bisa memilih menginstall Windows 11, Windows 10, atau versi windows lainya.
Jika masih belum jelas, kalian bisa simak video berikut ini:
Cara ini sangat ampuh dan digunakan ketika kalian ingin menginstall ulang windows tanpa repot dan takut CD/DVD instalasi windows rusak. 

Dengan menggunakan media USB/Flashdisk ini proses instalasi juga lebih cepat dari pada menggunakan CD?DVD ROM yang terlalu jadul dan lama, karena masih menggunakan optik untuk membacanya. Belum lagi jika CD/DVD baret, tambah lama proses membacanya. 

Semoga tutorial singkat ini bermanfaat dan bisa membantu kalian jika ingin menginstall ulang tanpa perlu membawanya ke tukang servis lagi, sambil belajar install ulang windows sendiri bisa menambah pengalaman dalam memperbaiki komputer atau laptop.

Posting Komentar