Cara Yang Benar Instal Windows 7 Agar Tidak Mudah Error

Windows 7 merupakan salah satu Sistem Operasi Favorit pengguna laptop di seluruh dunia karena kehandalannya dan sangat ringan sekali. tak heran jika Windows 7 merupakan salah satu OS nomer #1 sepanjang masa pengganti Windows XP. Oleh sebab itu banyak laptop sudah support dengan OS Windows 7 ini karena bisa diinstal di berbagai macam laptop, baik di laptop dengan spek tinggi atau spek rendah.

Disamping fleksibel dan bisa diinstal diberbagai macam jenis laptop atau komputer, Terdapat salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pengguna laptop adalah kinerja dan performa mulai lambat atau lemot. Hal ini tentu saja membuat pengguna Windows mau tidak mau harus melakukan instal ulang agar laptop komputernya bisa berjalan lebih lancar dan normal.

Banyak penyebab kenapa komputer bisa menjadi lambat, diantaranya: virus, file sampah, cache yang sudah mulai menumpuk, system tidak pernah dibersihkan dan lain sebagainya. Cara yang paling ampuh untuk mengembalikan laptop supaya lebih cepat adalah dengan menginstal ulang sistemnya. Ada beberapa manfaat jika laptop sudah diinstal ulang dari awal, diantaranya:

  • Laptop jadi lebih fresh dan seperti baru
  • Virus, Malware dan Trojan hilang
  • Kinerja jadi lebih cepat tanpa adanya gangguan

Dalam tutorial kali ini ada beberapa tips agar melakukan instal ulang windows tidak mudah error tanpa repot untuk membersihkan virus. bagi kalian yang sering mengalami lemot atau lambat, kita akan belajar menginstal ulang sistem windows 7 pada laptop atau komputer. Bagi kalian yang bingung cara menginstal ulangnya, kalian bisa simak beberapa langkah di bawah mulai dari awal sampai sukses dan berhasil.

Tutorial Instal Ulang Windows 7 Di Laptop Dengan Benar

  1. Download terlebih dahulu file Windows 7.iso dan juga aplikasi Rufus. Abaila sudah di download dan instal, buka programnya.

  2. Setelah didownload semua bahannya, buka rufus -  Lalu tancapkan Flashdisk ke colokan USB PC/Laptop - Jika flashdisk sudah terdeteksi, kalian tekan tombol SELECT - pilih file .ISO windows yang sudah di download tadi - pada Kolom Partition scheme berubah menjadi MBR -Lalu Start untuk memulai proses pembuatan usb bootable.

  3. Tunggu Hingga prosesnya selesai - jika sudah selesai kalian restart dan tekan tombol Del untuk pc kalau laptop tekan tombol F2 pada keyboard untuk masuk BIOS dan mensetting pengaturan Booting pertama nya.

  4. Jika sudah masuk BIOS kalian pergi ke bagian Boot Setting - Lalu merubah posisi Boot yang nomer 1 tadinya dari hardisk sekarang rubah menjadi USB. (Untuk menu BIOSnya sendiri tergantung Motherboard yang dipakai)

  5. Jika sudah di atur posisi USBnya kalian tekan F10 untuk menyimpan dan restart.

  6. Apabila sudah mulai Booting dan melihat kalimat Press Any Key to Boot From USB -  kalian tekan Enter pada keyboard atau tombol lainya untuk konfirmasi.

  7. Jika gagal masuk instalasi windows dari usb, kalian bisa ulangi cara pemfromatan di rufus dengan mode MBR. Tunggu loadingnya, kalau sudah berhasil masuk instalasi windows kalian pilih saja Install Now - lalu pilih jenis OS windowsnya, mau yang Ultimate, Home, atau profesional.

  8. Lalu pada jendela berikutnya kalian centang - Kemudian pada menu berikutnya kalian pilih Custom Install untuk menentukan letak instalasi Windows di Hardisknya

  9. Tentukan letak hardisk yang ingin digunakan minimal 30 gb lebih baik 50 gb agar kedepanya tetap awet karena bisa digunakan untuk menampung semua software yang akan diinstal. Kalian Format/Hapus agar semuanya bersih tanpa tersisa untuk memulai pengisian file systemnya

  10. Jika sudah di format, kalian bisa membuat partisi baru dengan menekan tombol New - arahkan cursor ke hardisk yang baru saja diformat - lalu ok

  11. Lalu Next dan tunggu hingga prosesnya selesai dan komputer akan restart

  12. Jika sudah menunggu sekitar setengah jam sampai masuk ke tahap pengisian nama komputer, kalian bisa mengisi nama laptop/komputer sesuai dengan keinginan dan juga password untuk loginya agar lebih aman. Lalu Next -Next - Next terus sampai proses Setup Desktopnya selesai

  13. Berhasil! kalian sudah bisa menginstal ulang windows dan menjadi seperti baru lagi tanpa harus datang ke tukang servis komputer.

Jika terlihat kurang jelas, kalian bisa simak video dibawah ini tanpa skip agar lancara saat melakukan proses instalasinya:

Dengan melakukan instal ulang sendiri dilaptop, kalian tidak perlu lagi khawatir dan buang-buang uang untuk membayar tukang servis laptop karena kalian sudah bisa memperbaiki masalah laptop. Sambil belajar, kalian juga bisa menambah pengalaman dalam bidang laptop

Download File Windows 7
Download Windows 7 Original.iso
  • Cara diatas bisa dipraktekkan jika kalian ingin melakukan instal ulang sistem laptop dengan versi Windows berapapun, baik itu Instal Windows 10 atau Instal Windows 11.
  • Dengan melakukan instal ulang, laptop/komputer juga menjadi bersih tanpa ada jejak ataupun virus yang menempel. Jadi sangat disarankan bagi komputer/laptop yang terkena virus/trojan, alangkah baiknya format semua hardisknya saat melakukan instalasi Windows agar terhindar dari pencurian data oleh spyware.
  • Untuk saat ini Windows 7 merupakan salah satu OS atau sistem operasi yang sudah mulai retak alias sudah banyak celah keamanan yang bisa di jebol oleh Hacker. Saran terbaik jika ingin instal ulang adalah dengan menggunakan OS Windows 10 atau Windows 11 karena Pada OS tersebut semua sistem keamanan sudah di update terbaru sehigga Sistem tidak mudah di jebol oleh Hacker

Posting Komentar