Cara Yang Benar Mengatasi Error Dism.exe 1392

Windows memang salah satu OS yang paling banyak digunakan pada komputer di seluruh dunia karena sangat flexibel dan banyak sekali aplikasi yang mudah di jalankan. Walaupun banyak sekali penggunannya dan menjadi OS wajib bagi pengguna komputer, ternyata Windows juga memiliki masalah yang sering muncul seiring penggunaannya sendiri. Salah satu error yang sering muncul adalah Dism.exe 1392 yang sering kali muncul setiap kali file atau direktori rusak dan tidak bisa dibaca oleh sistem

Kesalahan tersebut biassanya terjadi karena ada salah satu file sistem yang hilang atau rusak. Error 1392 memang sering terjadi karena menggunakan PC yang sudah lama dan untuk menjalankan OS yang baru atau bisa juga karena masalah penginstalan software yang belum benar atau bisa jadi masalah dalam melakukan update windows.

Dalam artikel kali ini saya akan membagikan tips yang ampuh dalam mengatasi error Dism.exe 1392, kalian bisa simak beberapa solusi yang ada di bawah ini:

Bagaimana Cara Meperbaiki Error 1392 Dism.exe Yang sering Muncul?

1Solusi 1: Menonaktifkan Sementara Antivirus Yang Berjalan

Adanya antivirus memang bisa melindungi sistem dari ancaman atau serangan virus jahat yang ingin menginfeksi komputer, tetapi terkadang juga bisa menjadi penghambat dalam menjalankan salah satu tugas yang ingin diluncurkan oleh sistem karena terganggu dengan antivirus yang menganggap proses yang tidak dikenali adalah virus sehingga terjadi error Dism.exe. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menonaktifkan sementara Antivirus.

 

2Solusi 2: Scan Menggunakan SFC

Error Dism.exe 1392 bisa muncul karena terdapat kesalahan pada sistem. Untuk mengatisnya coba jalankan tools bawaan windows yang tidak lain adalah SFC

  1. Buka CMD dari star menu - klik kanan dan run as Administrator
  2. Setelah itu kalian ketikkan perintah:
    sfc/scannow

Tunggu hingga proses selesai, maka error Dism.exe 1392 akan teratasi.

3Solusi 3: Memberishkan File Sampah (Junk File)

Pemakaian PC yang seirng dapat menumpuknya file sampah pada sistem yang tidak digunakan, baik itu cache, log, dan lain-lain. Hal tersebut bisa menimbulkan error Dism.exe 1392 karena masalah konflik file atau bisa juga karena kapasitas hardisk yang penuh gara-gara kebanyakan file sampah yang belum dibersihkan.

Cara yang ampuh untuk memberishkan file sampah disistem adalah dengan menggunkan bantuan CCleaner. Aplikasi ini mampu membersihkan sistem secara menyeluruh, sehingga sistem akan jauh lebih fresh dan ringan lagi.

    4Solusi 4: Menjalankan Check Disk

    1. Buka Start Menu - cari CMD  dan klik kanan lalu buka dengan mode Run as Administrator
    2. Jika sudah membuka CMD, kalian bisa ketikkan perintah
      chkdsk /f h:
    3. Kalian lalu tekan y untuk memulai prosesnya
    Cara ini bisa berguna untuk memeriksa disk dan juga memperbaiki berbagai jenis error code yang ada pada windows.

    5Solusi 5: Scan Malware dan Virus

    Error dism.exe 1392 juga bisa terjadi karena adanya virus atau malware yang mengganggu kinerja sistem karena merusak, atau membuat corrput suatu file. Kalian bisa melakuakan pemberishan masalah malware dan virus yang bandel. 

    Kalian bisa menggunakan antivirus yang super canggih dan kuat dengan menginstall software antivirus seperti Eset. Kalian scanning sistem secara menyeluruh agar virus dan malwarenya bisa dibasmi sampai ke akar-akarnya.


    Itulah tadi beberapa solusi ampuh dalam mengatasi Error Dism.exe 1392 dengan benar dan mudah. Saya sudah mempraktekkannya dengan menggunkan beberapa solusi diatas. Selain cara diatas, ada beberapa langkah untuk mengatasi Error Dism.exe 1392, seperti:

    • Menupdate driver yang lama
    • Install update windows terbaru dan jangan pernah memutuskan ditengah-tengah penginstalan update windows karena hal tersebut bisa menimbulkan Error Dism.exe 1392
    • Uninstal dan instal ulang program yang berkaitan dengan munculnya Error Dism.exe 1392
    • Menginstall ulang windows serta memformat hardisk. Jangan lupa sebelum menginstall ulang windows, kalian backup atau copy semua data yang penting yang ada di hardisk.

    Kalian juga perlu untuk membackup system windows agar tidak terjadi masalah seperti ini lagi di kemudian hari. Jika terjadi lagi, kalian cukup me-restorenya saja, maka semua masalah akan teratasi kembali lagi sebelum terjadi Error.

    Posting Komentar