Cara Instal Ulang Windows Agar Virus Hilang Dari Hardisk

Komputer memang sangat rentan dengan serangan hacker, terlebih lagi virus atau malware yang bisa merusak dan mengganggu kinerja sistem khususnya Windows. Banyak Bagi pengguna OS Windows yang kesulitan mengatasi virus yang membandel dan selalu ada di komputer walaupun telah dihapus.

Hal tersebut menjadikan mereka ingin melakukan instal ulang secara menyeluruh agar PC/Komputer bersih dari virus yang bersembunyi di setiap hardisk atau partisi. Tetapi kendalanya bagi pengguna yang awam merasa kesulitan melakukan install ulang sistem windows mereka.

Pada akhirnya mereka akan menyerahkan tugas instal ulang windows ini ke tukang servis komputer agar diinstal ulang sistem windows mereka. Hal tersebut tidaklah perlu untuk dibawa ke tukang servis kalau cuma melakukan instal ulang karena artikel ini saya akan memberikan cara yang mudah dan cepat untuk melakukan instal ulang windows agar semua virus dan malware hilang tanpa harus ke tukang servis dan tentunya bisa lebih hemat karena tidak mengeluarkan uang sedikitpun dan bisa menambah pengetahuan dan pengalaman dibidang komputer.

Ada beberapa alasan kenapa komputer wajib diinstal ulang agar virus hilang, diantaranya:

  • Terkena Backdoor yang suka bersembunyi di file-file
  • Komputer berjalan lebih lambat karena ada proses yang berjalan karena adanya Trojan atau Program mata-mata.
  • Virus biasanya akan cepat menyebar di file dan folder-folder

Untuk melakukan instal ulang sistem Windows kita tidak perlu membawanya ke tukang servis yang bisa memboroskan uang saja. Disini kita akan sama-sama belajar untuk melakukan perbaikan komputer dengan menginstal ulang windows.

Kita akan mengisntal ulang sistem dengan OS Windows 7, karena lebih support dengan segala jenis aplikasi atau software apapun. Jika kalian ingin menggunakan instalasi Windows 11 juga bisa, asalkan memiliki ekstra hardisk sekitar 30 GB. Oke langsung saja tutorialnya ada di bawah ini:

Tutorial Instal Ulang Windows Agar Virus Dan Spyware Hilang Secara Permanen

  1. Langkah pertama kalian harus punya file ISO WIndows 7, jika belum punya kalian bisa

    download windows 7.
  2. Jika sudah didwonload kalian juga memerlukan aplikasi tambahan yang namanya rufus yang berguna untuk membuat Instalasi Windows di USB Bootable, Kalian instal rufus dan jalankan programnya.

  3. Setelah didownload semua bahannya, buka rufus -  Lalu tancapkan Flashdisk ke colokan USB PC/Laptop - Jika flashdisk sudah terdeteksi, kalian tekan tombol SELECT - pilih file .ISO windows yang sudah di download tadi - pada Kolom Partition scheme berubah menjadi MBR -Lalu Start untuk memulai proses pembuatan

    usb bootable.
  4. Tunggu Hingga prosesnya selesai - jika sudah selesai kalian restart dan tekan tombol Del untuk pc kalau laptop tekan tombol F2 pada keyboard untuk masuk BIOS dan mensetting pengaturan Booting pertama nya.

  5. Jika sudah masuk BIOS kalian pergi ke bagian Boot Setting - Lalu merubah posisi Boot yang nomer 1 tadinya dari hardisk sekarang rubah menjadi USB. (Untuk menu BIOSnya sendiri tergantung Motherboard yang dipakai)

  6. Jika sudah di atur posisi USBnya kalian tekan F10 untuk menyimpan dan restart.

  7. Apabila sudah mulai Booting dan melihat kalimat Press Any Key to Boot From USB -  kalian tekan Enter pada keyboard atau tombol lainya untuk konfirmasi.

  8. Jika gagal masuk instalasi windows dari usb, kalian bisa ulangi cara pemfromatan di rufus dengan mode MBR. Tunggu loadingnya, kalau sudah berhasil masuk instalasi windows kalian pilih saja Install Now - lalu pilih jenis OS windowsnya, mau yang Ultimate, Home, atau profesional.

  9. Lalu pada jendela berikutnya kalian centang - Kemudian pada menu berikutnya kalian pilih Custom Install untuk menentukan letak instalasi Windows di Hardisknya

  10. Tentukan letak hardisk yang ingin digunakan untuk menyimpan sistem windows. Kalian bisa menghapus atau format semua hardisk agar bersih dari virus jika memang komputer sudah terkena virus yang banyak. Cara ini agar bisa bersih seperti baru lagi. Kalian juga atur besaran kapasitas partisi yang akan digunakan, saya sarankan 50 GB minimal agar tidak lemot nantinya karena akan digunakan untuk menginstal program-program.

  11. Jika sudah di format, kalian bisa membuat partisi baru dengan menekan tombol New - arahkan cursor ke hardisk yang baru saja diformat - lalu ok

  12. Lalu Next dan tunggu hingga prosesnya selesai dan komputer akan restart

  13. Jika sudah menunggu sekitar setengah jam sampai masuk ke tahap pengisian nama komputer, kalian bisa mengisi nama laptop/komputer sesuai dengan keinginan dan juga password untuk loginya agar lebih aman. Lalu Next -Next - Next terus sampai proses Setup Desktopnya selesai

  14. Berhasil! kalian sudah bisa menginstal ulang windows dan menjadi seperti baru lagi tanpa harus datang ke tukang servis komputer.

Apabila masih bingung caranya, kalian bisa simak video berikut ini:

Dengan melakukan instal ulang windows secara menyeluruh, virus atau trojan yang membandel yang suka bersembunyi dan menyamarkan dirinya bakal hilang selama-lamanya dan cara ini sangat ampuh untuk menyingkirkan hacker mata-mata yang suka mencuri data kita dan resiko yang diterima adalah semua data di hardisk hilang, oleh sebab itu sebaiknya lakukanlah backup agar data tidak hilang saat diinstal ulang sistem windowsnya

  • Virus memang biasanya datang dari perilaku kita saat berinternetan yang dapat menyerang komputer kita karena kita mendownload file di tempat yang tidak terpercaya atau mengklik link yang biasanya mengandung exploit. Untuk mengatasi hal ini, sangat disarankan menginstal Windows 11 karena didalam sistem pembaruan windows 11 terdapat fitur keamanan yang sangat ketat dalam urusan pertahanan terhadap serangan virus atau hacker

  • Antivirus memang dapat membersihkan malware, dan beberapa jenis virus lainya yang ada di komputer tetapi tidak semua bisa dijangkau oleh antivirus. Biasanya virus pintar bersembunyi di ekstensi RAR yang sudah di kompres, sehingga antivirus tidak berhak untuk melakukan proses scanning di dalam file kompresan seperti file ,rar.