Cara Menyembunyikan Wifi Agar Tidak Dipakai Orang Lain

Mengamankan Wifi memang menjadi hal yang wajib bagi kita yang memiliki jaringan wifi di rumah, kantor, atau di tempat usaha. Sebab semakin canggih teknologi, semakin canggih pula tidak kriminal di zaman sebar digital seperti ini.

Koneksi Internet sangatlah di butuhkan dan sudah menjadi bagian dari kebutuhan pokok kaum milenial. Salah satunya ketika ingin mengakses internet adalah dengan menyambungkan perangkat baik itu ponsel ataupun komputer dengan menggunakan sebuah WIFI.

Jika kita bisa mengamankan wafi dari hacker atau pencuri wifi maka:

  • Kuota internet jadi awet.
  • Tidak menjadi lambat koneksinya.
  • Aman dari pencurian data oleh hacker.

Apabila kita mempunyai sebuah WIFI, tentu saja WIFI kita itu tidak ingin di pakai orang lain tanpa izin kita karena adanya seorang penyusup Wifi masuk ke jaringan WIFI kita tanpa kita sadari.

Di tutorial kali ini saya akan membagikan cara ampuh untuk mengamankan jaringan WIFI salah satunya adalah dengan menyembunyikan wifi atau menghidden sinyal wifi kita agar tidak mudah di bobol oleh orang atau tidak di curi oleh orang yang tidak bertanggung jawab.


Tutorial Mengamankan Wifi Agar Tidak Mudah Di Hack

  1. Kalian buka Google Chrome dari Komputer/hp android kalian.
  2. Setelah itu kalian masuk ke modem router, dan ketikkan di address bar chrome dengan alamat defult dari telkom 192.168.1.1
  3. Kalian login dengan menggunakan password dari bawaan routernya, yaitu:
    username: admin password: Telkomdso123
    Atau bisa menggunakan login:
    username: user password: user
  4. Apabila kalian sudah Login, langsung saja kita pergi ke kebagian SSID Setting - Pilih SSID yang aktif (nama wifinya) - Lalu Centang Hide SSID

Jika sudah di sembunyikan atau sudah di Hide, maka semua orang tidak dapat melihat Wifi tersebut. Nah untuk mengkonekkan wifi yang disembunyikan itu, kalian harus memasukkannya secara manual agar bisa konek otomatis.

Cukup simpel bukan cara di atas. Dengan menyembunyikan sinyal WIFI kita, maka si hacker atau pencuri akan kesulitan untuk mendeteksi adanya WIFI. Jika si hacker canggih masih saja kejebol, maka kalian bisa menggunakan fitur Blokir Mac Address agar perangkat milik si hacker di blokir oleh Modem router kita.

Dan apabila si hacker tersebut mempunyai keahlian lebih, misalnya dengan memanipulasi Mac Address dengan mengganti Mac Addressnya maka kita bisa menggunakan Fitur Whitelist Mac Address.

Dengan mengaktifkan Whitelist Mac Address maka perangkat yang sudah terdaftar di modem router saja yang bisa konek, jadi jika ada perangkat lain yang belum di daftarkan maka tidak akan bisa konek WIFI. Cara ini tentunya ampuh untuk menangkal serangan hacker wifi, karena dengan menyembunyikan saja sudah di buat kualahan apalagi di tambah dengan fitur blok Mac address.
Jika belum jelas bisa cek video berikut: