Cara Yang Benar Memblokir Hacker Pencuri Wifi

WiFi memang menjadi suatu teknologi yang sangat bermanfaat di zaman serba digital ini karena bisa digunakan untuk mengakses internet dan bersosial media tanpa batasan. Dengan maraknya WiFi yang beredar, membuat WiFi menjadi teknologi yang sangat dibutuhkan saat ini. Dibalik banyaknya WiFi Yang berterbaran, ternyata ada juga yang mengincar WiFi Gratisan agar bisa mendapatkan Internet Gratis Tanpa Bayar dan biasanya orang yang suka memakai WiFi Gratisan tanpa bayar alias menejbol Wifi adalah seorang hacker.

Ada Beberapa hal jika hacker berhasil mencuri wifi kita:

  • Kuota dari Telkom jadi cepat habis.
  • Tentu saja hal ini membuat koneksi kita jadi lambat karena ada tambahan pengguna lain yang juga ikutan internetan.
  • Yang paling fatal adalah pembobolan komputer atau pencurian data login kita.

Jika tiba-tiba Wifi internet kita menjadi lambat atau kuota cepat habis, maka kita harus mengecek lagi akun kita di telkom dan juga harus rajin-rajin ngecek router apakah ada orang asing yang ikutan internet. Apalagi kita kita sudah mencoba berhemat tapi masih saja kuota kita habis. Bisa jadi kecepatan internet kita menjadi lambat dikarenakan ada seseorang penyusup yang tidak kita inginkan ikutan main wifi kita.

Bisa dibilang penyusup ini hacker yang berhasil membobol wifi kita untuk mendapatkan koneksi internet gratis. Hal ini sangatlah menjengkelkan lagi jika kita sudah memberi password yang super kuat masih saja kejebol atau ke hack. Di tambah kita juga sudah melakukan pengamanan yang ekstra dengan menyembunyikan wifi kita, tetapi si hacker tersebut memiliki keahlian lebih dan wifi yang kita sembunyikan tadi kehack.

Nah didalam tutorial kali ini saya akan membagikan tips cara mengamankan wifi dari penyusup hacker yang berhasil menikmati wifi dan internet kita. Salah satu caranya yaitu dengan memblokir perangkat (Handphone, Laptop atau komputer) hacker. Dengan menggunakan fitur Blacklist Router yang ada di pengaturan wifi router kita, kita bisa memblokir perangkat yang tidak kita inginkan. Oke langsung saja ya guys.

Cara Blokir Orang Yang Pakai Wifi Kita

  1. Pertama-tama kalian masuk ke pengaturan Modem Router Wifinya lewat chrome dengan login (192.168.1.1)
  2. Setelah itu kalian masuk ke modem router, dan ketikkan di address bar chrome dengan alamat defult dari telkom 192.168.1.1
  3. Kalian login dengan menggunakan password dari bawaan routernya, yaitu:
    username: admin password: Telkomdso123
    Atau bisa menggunakan login:
    username: user password: user
  4. Disini saya menggunakan router dari Telkom yaitu ZTE F609, jadi kalian bisa masuk ke Network - WLAN - Access Control List
  5. Lalu pada rubah Mode jadi mode Block (Blacklist), kemudian masukkan mac address yang diinginkan lalu jika sudah memasukkan mac address klik Add. Kalian bisa melihat siapa saja perangkat yang pernah konek ke wifi kita di menu LAN

Apabila masih kurang jelas, kalian bisa simak video demonstrasi dibawah ini:

Jika sudah disetting, maka perangkat si pencuri atau si hacker tidak akan bisa konek ke wifi kita. Namun apabila si hacker tersebut memiliki cara lain atau memiliki keahlian lebih, biasanya mereka akan merubah Mac Addressnya untuk menjebol keamanan dari mode blacklist ini.
Untuk mengakali hal tersebut, kalian bisa merubah modenya ke Whitelist (permit) agar si hacker tidak dapat konek, Karena jika sudah menggunakan fitur Whitelist, maka semua perangkat yang sudah terdaftar saja yang bisa konek.

Sebenarnya cara untuk mengamankan wifi tidak dengan cara Blacklist saja, Kalian juga bisa menyembunyikan wifi agar tidak terdeteksi oleh hacker. Karena dengan menyembunyikan wifi, maka wifi kalian tidak terlacak oleh perangkat lain, kecuali Perangkat kalian sendiri.