Cara Mengatasi Tidak Bisa Booting USB Flashdisk Saat Instal Ulang Windows

Instal ulang Windows biasanya dilakukan apabila sistem merasa lemot atau terkena serangan virus atau malware yang menjadikan sistem tidak bisa bekerja secara maksimal. Untuk melakukan instal ulang Windows, biasanya menggunakan media CD/DVD instalasi yang nantinya dimasukkan ke DVD ROM di Laptop atau PC.

Cara melakukan instal ulang Windows memakai CD/DVD instalasi memang cara yang lama karena biasanya CD/DVD ROM itu sangat rentan rusak atau bermasalah karena debu yang bisa masuk lewat celah-celah, sehingga hal ini mengakibatkan CD/DVD instalasi tidak bisa dibaca secara benar oleh Optik dari DVD/CD ROM.

Untuk mengatasi kerentanan tersebut adalah dengan memakai metode baru yaitu dengan memakai media USB/Flashdisk atau biasa disebut USB Bootable yang memang tidak rentan rusak dan proses membacanya juga lebih cepat dari pada menggunakan CD/DVD. Ada beberapa keuntungan sendiri jika kita melakukan instal ulang Windows dengan metode USB Bootable, diantaranya:

  • Lebih awet dan tidak gampang rusak
  • Proses instalasi lebih cepat
  • Efisien, Fleksibel dan praktis

Untuk membuat USB Bootable juga terkadang terdapat suatu kendala yang sangat umum dan jarang diperhatikan sebelum membuat USB Bootable, salah satunya adalah Tidak Bisa Booting USB. Kesalahan ini biasanya terjadi karena belum mengatur settingan BIOS untuk booting pertama atau salah partisi saat membuat USB Bootable memakai Rufus. Biasanya jika terjadi kesalahan Booting ketika melakukan format dengan Rufus adalah partisi scheme MBR/GPT. Biasanya akan muncul jendela saat gagal booting dengan tulisan ERROR: BIOS/LEGACY Boot of UEFI-Only Media. Nah ditutorial ini saya akan memberikan tips yang ampuh untuk mengatasi masalah tersebut, oke langsung saja caranya sebagai berikut ini:

Tutorial Mengatasi Tidak Bisa Booting USB Bootable Rufus Error Bios/Legacy Boot Of UEFI

  1. Kalian format ulang flashdisknya dengan cara membuka aplikasi Rufus lagi - kemudian rubah pada bagian Partition scheme. Jika tadi error karena MBR kalian rubah menjadi GPT sebaliknya jika tadi error Karena GPT kalian rubah menjadi MBR. Lalu Start dan tunggu hingga prosesnya selesai

  2. Kalian booting usb lagi untuk proses melakukan instalasi. Dan lihat SUKSES! Errornya sudah berhasil diperbaiki.

Jika masih belum jelas kalian bisa simak video berikut:

Memperbaiki kesalahan karena Legacy USB USB Bootable Rufus memang sangatlah hal yang sepele dan banyak orang yang mengalami kesalahan ini karena mereka belum merubah Partition schemenya. Dengan tutorial ini, semoga kalian bisa memperbaiki kesalahan Booting USB dengan benar. Semoga bermanfaat, terima kasih.

  • Rufus memang bisa digunakan untuk membuat semua jenis instalasi os sistem lewat USB atau biasanya disebut dengan USB Bootable. Khusus linux, nanti ada pilihan DD image agar bisa booting lewat USB.
  • Kemunculan Error ini terjadi berkaitan dengan kesalahan saat melakukan format skema partisi yang tidak support dengan Bios yang terpakai di PC/Laptop. Untuk GPT biasanya digunakan untuk perangkat Hardware baru dan untuk MBR untuk perangkat Lama.

Posting Komentar