Scroll untuk melanjutkan membaca
Cara Yang Benar Instal Sistem Android Di Komputer Atau Laptop

Cara Yang Benar Instal Sistem Android Di Komputer Atau Laptop

Gambar
3.2
3.19MB
Pro Premium

Melakukan Instal Sistem Android Di Komputer atau Laptop memang bisa dilakukan. Tidak hanya di Smartphone saja, ternyata sistem Android juga bisa di instal di komputer atau laptop biasa. Dengan menginstal Android di PC, kita bisa menggunakan android di komputer. Cara ini sangat cocok jika kalian tidak memiliki smartphone, atau menginginkan Android versi layar lebar karena di komputer atau laptop memiliki layar yang lebar dan tentunya lebih puas dalam bermain game.

Instal Sistem Android OS Di Komputer juga bisa digunakan untuk mengetahui suatu apk atau aplikasi yang ingin dites. Selain itu juga bisa digunakan untuk memainkan game yang berat karena bisa di upgrade RAM sebab smartphone RAMnya tidak bisa di upgrade beda dengan Komputer atau Laptop yang bisa ditambahkan sesuai dengan keinginan kita.

Selain itu juga ada beberapa manfaat Instal Sistem Android OS Di Komputer, diantaranya:

  • Tidak boros baterai dan lebih tahan lama
  • Kompatibel dengan semua versi aplikasi
  • Tidak lemot dan lebih lancar tanpa Lag

Instal Sistem Android Di Komputer juga bisa diinstal di komputer atau laptop jadul layaknya instal windows 11 di komputer lama

Tutorial Instal Sistem Android Di Komputer Dengan Benar Tanpa Error

Untuk melakukan Instal Sistem Android di Komputer tidak perlu menghapus sistem windowsnya alias bisa dilakukan dual boot untuk melakukan Instal Sistem Android di Komputer. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Menyiapkan File OS Android dan Rufus

Langkah pertama kalian download terlebih dahulu file Android dan Rufus. Jika sudah didownload saatnya kita menyiapkan USB/Flashdisk yang nantinya dijadikan USB Bootable

Kalian buat USB Bootable dengan cara membuka Rufus - Tancapkan USB/Flashdisk, maka nanti akan terdeteksi pada Device - Lalu klik Select - pilih file Android OS yang sudah di download - lalu ubah Partition scheme menjadi GPT - yang terakhir kalian mulai Start untuk memulai proses Format USB/Flashdisk.

2. Setting BIOS

Apabila sudah saatnya mengatur BIOS agar bisa booting lewat USB flashdisk, kalian restart komputernya dan tekan tombol F2 untuk laptop dan DEL untuk komputer (Tombol masuk bios tergantung dari jenis motherboard ya, tapi pada umumnya tombolnya itu). 

Apabila sudah masuk bios kalian langsung cari pada bagian Boot - dan ubah posisi USB/Flashdisk di paling atas atau nomer 1 pada pilihan booting - lalu simpan dan keluar

Jika nanti ada tulisan Press Any Key, kalian tekan sembarang tombol pada keyboard.

3. Proses Instalasi Android

Jika sudah masuk pada bagian Grub loadernya Android, kalian pilih Advanced options - pilih Auto Installation. Tinggi hingga proses loading selesai

Apabila sudah masuk layar installer, kalian pilih hardisk - pada Auto Installer pilih Yes dan tunggu hingga proses instalasinya selesai.

Sebelum restart, kalian cabut flashdisknya agar tidak booting lagi ke instalasi Android. SUKSES kalian berhasil instal Android di Komputer atau Laptop, tinggal mengatur pengaturan sesuai dengan keinginan untuk menggunakan Android di komputer atau laptop.

Jika masih belum jelas kalian bisa simak video berikut:

Dengan Instal Sistem Android Di Komputer kalian bisa mencoba beberapa fitur yang menarik yang ada didalamnya, seperti menginstal game berat, tes kecepatan responsifnya, dan lain sebagainya. 

Itulah tadi beberapa langkah yang mudah untuk melakukan Sistem Android Di Komputer, semoga tutorial ini berguna dan bermanfaat bagi kalian yang ingin merasakan sensasi menjalankan sistem Android di Laptop atau Komputer.

Download Bahan-Bahanya

Download ANDROID OS Rufus

  • Kapasitas yang digunakan untuk menginstal ANDROID OS adalah 3GB sangat ringan dan kecil sekali
  • Android OS ini bisa dual Boot dengan Windows, sama halnya dengan instal kali linux dual boot dengan windows. Jadi tidak akan menghilangkan sistem dari Windows itu sendiri
  • Tidak, Instal Android OS di komputer/Laptop sangat responsif dan terbilang ringan tergantung dari RAm yang digunakan. Usahakan menggunakan minimal RAM 4GB agar proses berjalan lancar tanpa hambatan.
Posting Komentar
TULIS KOMENTAR