Cara Yang Benar Mengatasi Internet Lambat Pada Windows 11

Internet sudah menjadi kebutuhan pokok setiap orang di era serba digital seperti ini. Tak heran semua orang pasti membutuhkan koneksi internet untuk berinteraksi satu sama lain, seperti bersosial media, hiburan sampai bekerja. Namun terkadang terdapat masalah yang bisa saja terjadi seperti internet lambat padahal belum waktunya membayar langganan internet. Biasanya ini terjadi karena telah melakukan migrasi atau upgrade Windows 11 yang baru-baru ini dirilis oleh Microsoft.

Ada beberapa penyebab kenapa internet menjadi lambat ketika migrasi ke Windows 11, diantaranya:

  • Ada banyak perangkat yang konek ke Router
  • Ada aplikasi yang berjalan di belakan background system
  • Sinyal lemah
  • Masalah pada settingan DNS
  • Dan lain sebagainya

Nah pada artikel kali ini, saya akan membagikan tips yang sangat ampuh untuk mengatasi masalah tersebut. Ada beberapa cara yang bisa kalian gunakan satu persatu seperti dibawah ini:

Tutorial Cara Memperbaiki Internet Lambat Di Windows 11

SOLUSI 1: Update Windows

Apabila kalian merasa internet pada windows 11 lebih lambat, coba untuk mengecek update Windows 11. Apakah sudah benar-benar di update seutuhnya atau cuma sebagian, biasanya internet windows 11 lambat karena update yang belum didownload atau masih memakai versi lama. COba untuk melakukan update terbaru dari Microsoft akan memperbaiki masalah bug yang ada di windows 11.

  1. Kalian tekan tombol Windows + i untuk membuka setting - lalu pergi ke Windows Update - setelah itu pilih Advanced Option - lalu pilih Delivery Optimization - dan Disable Allow downloads from other PCs

  2. Sekarang baru klik Advanced options - Dan dibawah Absolute Bandwidth kalian centang kotak untuk mengatur alokasi bandwidth yang digunakan untuk mendownload update terbaru pada layar background sistem. Kalian bisa masukkan nilai yang diinginkan pada masing-masingnya.

  3. Atau kalian bisa juga mengaturnya berdasarkan persentase dengan cara menggesernya

  4. Kalian Gulir ke bawah dan centang dua kotak centang yang ada di bawah Upload Settings.

  5. Sekarang kalian geser untuk mengatur bandwidth untuk kapasitas bandwidth pada Uploading Updates dan juga Batas upload bulanannya.

Jika sudah mensettingnya seperti di atas untuk Pengaturan bandwidthnya, sekarang kalian coba tes lagi untuk kecepatan internetnya pada Windows 11, apakah sudah berhasil diatasi dan normal seperti sediakala?

Memang kebanyakan sistem windows akan melakukan update secara otomatis yang akan berjalan dibelakang layar background system sehingga membutuhkan bandwidth yang lumayan besar dan dapat membuat lemot atau lambat internet kita. Dengan cara melakukan settingan diatas, kita bisa menentukan besaran kapasitas yang kita butuhkan agar saat kita menggunakan komputer yang terinstal windows 11 tidak tiba-tiba menjadi lambat sendiri

SOLUSI 2: Mematikan Proses Yang Memakan Banyak Data

  1. Kalian tekan tombol ctrl + shift + esc pada keyboard secara bersamaan untuk membuka Task Manager

  2. Lalu pergi ke bagian tab Performance - klik pada Open Resource Monitor yang ada dibawah

  3. Pergi ke Network - Dan cari program yang menghabiskan terlalu banyak data, Jika sudah ketemu kalian bisa klik kanan pada program tersebut, dan pilih End Process.

Mungkin pada Proses tertentu yang ada beberapa aplikasi yang memang memakan banyak data bisa dihentikan untuk meningkatkan kecepatan Internet pada Windows 11. Kalian bisa mencari aplikasi yang memang tidak diperlukan untuk berjalan untuk saat ini.

SOLUSI 3: Mematikan Aplikasi Yang Sedang Berjalan di Background System

  1. Kalian tekan tombol Windows + i untuk membuka setting - lalu pergi ke Apps - Lalu pergi ke Installed apps - Kalian pilih aplikasi yang tidak ingin Anda jalankan di background dan klik titik tiga yang ada di sebelahnya dan pilih Advanced Option.

  2. Pada bagian Background apps permissions kalian rubah dari Power optimized ke Never

Dengan menonaktifkan aplikasi yang tidak penting membaca dapat memperbaiki masalah internet pada Windows 11 yang mulai lambat. Untuk menjalankan Aplikasi yang sudah dinonaktifkan, cukup buka secara manual lagi untuk memulainya.

SOLUSI 4: Menjalankan Internet Connections Troubleshooter

  1. Kalian tekan tombol Windows + i untuk membuka setting - lalu pergi ke System - Troubleshoot - Lalu pilih Other troubleshooters - dan pilih Run pada Internet Connection

  2. Dan nanti akan muncul pilihan perintah yang telah ditampilkan dan tunggu hingga prosesnya benar-benar selesai

System Windows akan memberikan beberapa metode untuk memperbaikinya dengan cara mendeteksi masalah yang muncul untuk memperbaiki error internet wifi saat akan mengakses Internet.

SOLUSI 5: Disable Firewall

  1. Kalian tekan tombol Windows + s lalua ketikan pada kotak pencarian Control Panel - pilih System and Security - pilih Windows Defender Firewall - Setelah itu Klik pada Turn Windows Defender Firewall on or off dari daftar menu yang ada.

  2. Sekarang, kalian pilih Turn off Windows Defender Firewall (not recommended) pada keduanya

Windows Defender merupakan sebuah fitur penting untuk melindungi komputer dari ancaman yang membahayakan komputer seperti serangan sihacker. Tentu saja jika Windows Defender ini bisa membuat lambat komputer kalian, coba untuk menonaktifkan sementara waktu dan kembali aktifkan lagi jika masalah sudah diperbaiki. Ingat! Kalian juga wajib memasang antivirus yang handal dan kuat jika memang Windows Defendernya di OFF kan.

SOLUSI 6: Mematikan Metered Connections

  1. Kalian tekan tombol Windows + i untuk membuka Setting - pilih Network dan internet - Lalu klik Wi-Fi

  2. Kalian pilih wifi yang sedang terhubung sekarang - lalu Disable Metered Connection

SOLUSI 7: Merubah DNS

  1. Kalian tekan tombol Windows + r untuk membuka Run - lalu ketik ncpa.cpl

  2. Kemudian klik kanan pada Network Adapter Wifi yang kalian pakai - lalu pilih Properties

  3. Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dan klik Properties

  4. Pilih kotak DNS dan masukkan angka:

    1. Preferred DNS server: 8.8.8.8
    2. Alternative DNS server: 8.8.4.4
  5. Setelah itu kalian Restart komputernya untuk melihat perubahanya

  6. Server DNS memiliki peranan penting sekali untuk menentukan alamat IP yang sesuai dengan nama domain. Pada Windows 11 pengaturan DNS tersebut sudah diatur secara default tetapi terkadang masalah DNS ini bisa terjadi dan dapat membuat kecepatan Internet bisa menjadi lambat. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk melakukan perubahan DNS secara manual untuk mendapatkan kecepatan yang lebih cepat dan tinggi.

Itulah tadi beberapa metode dan langkah yang ampuh untuk mengatasi lemotnya koneksi internet pada Windows 11. Semoga beberapa metode dan solusi diatas bisa mengatasi masalah yang kalian hadapi saat ini.

  • Terkadang lambatnya koneksi internet bisa juga dikarenakan gangguan pada Telkom Indihome Pusat atau bisa juga karena Browser yang digunakan. Coba Tutup - buka lagi Browser yang kalian pakai atau mencoba menginstal Browser lainya seperti Opera, Mozilla atau sejenisnya jika Google Chrome sedang mengalami masalah
  • Tentu saja untuk internetan agar mendapatkan maksimum adalah dengan menggunakan kabel LAN, sebab secara langsung mendapatkan koneksi bandwidth dari Router. Disamping itu juga dengan memakai kabel untuk berinternet lebih aman dari pada menggunakan Wi-Fi yang bisa disadap.
  • Masalah ini biasanya bisa terjadi karena banyaknya cache dan cookies pada browser yang dipakai bahkan file temporary yang ada di system. Cobalah untuk sesekali membersihkan file sampah beserta Cookies, Cache dan data-data Browsing yang tidak diperlukan untuk mengembalikan agar Browser menjadi Fresh. Gunakan aplikasi pihak ke-3 seperti CCleaner Pro.