Cara Upgrade Windows 11 Tanpa Instal Ulang

Microsoft baru saja menghadirkan Sistem Operasi baru yang tidak lain adalah Windows 11. Kehadiran Windows 11 ini sendiri merupakan salah satu penerus OS sebelumnya yaitu Windows 10 yang sudah mulai banyak celah keamanan yang berhasil dibobol oleh Hacker. Hadirnya Windows 11 ini tentu saja menjadi momen terbaik untuk menutup beberapa lubang yang berhasil diterobos oleh para peretas untuk melakukan pentesting suatu sistem

Tidak hanya itu saja, Windows 11 juga menawarkan beberapa peruabahan yang baru dari segi grafik yang lebih smooth dari pada Windows 10 yang cenderung lebih Flat. Windows 11 sendiri menjadi salah satu OS yang sangat direkomendasikan saat ini karena sudah memiliki sistem keamanan yang lebih tinggi dari pada pendahulunya. Ada beberapa keunggulan jika Migrasi ke Windows 11, diantaranya:

  • Desain yang lebih bagus dan lebih halus
  • Sudah terintegrasi dengan Android
  • Terdapat fitur Desktop Virtual yang bisa dirancang khusus untuk keperluan Umum/Publik, Sekolahan, Kantor dan lain-lain.

Tentu saja apabila kita ingin ganti atau Migrasi Windows, Biasanya pengguna awam tidak mau repot dengan cara melakukan instalasi ulang Sistem Operasinya. Bagi yang telah melakukan cara tersebut sebaiknya dibatalkan saja karena dapat menghilangkan semua file yang ada di system C atau tempat menyimpan Settingan Sistem sebelumnya. Ada cara yang sangat mudah untuk melakukan migrasi ke Windows 11 yaitu dengan tanpa melakukan instal ulang sistem.

Apakah bisa? Tentu saja bisa karena di tutorial kali ini saya akan memberikan Tips dan Trik cara ampuh Pindah ke Windows 11 Tanpa Instal ulang. Cara ini sangat menguntungkan karena pengaturan sistem kita sebelumnya tidak akan berubah sehingga semua file yang ada di sistem tetap aman. Oke langsung saja cara dan tipsnya ada dibawah ini:

Tutorial Cara Ganti Windows 11 Tanpa Instal Ulang

  1. Langkah pertama kalian bisa langsung download windows 10 installation media lalu kalian buka dan jalankan. Tunggu loading selesai - setelah itu kalian Accept - Lalu pilih Create installation media - pilih bahasa inggris dan next - Kemudian pilih ISO File - Simpan file Windows 10 nya, tunggu hingga proses 100%.

  2. Setelah itu kalian download file .ISO Windows 11

  3. Apabila sudah di download kalian extract file .ISO Windows 10 dan Windows 11 menggunakan 7Zip.

  4. Jika sudah di extract kalian pergi ke folder Windows 10nya terlebih dahulu dan langsung menuju ke folder sources dan hapus file install.esd

  5. Kemudian pergi ke folder extract an Windows 11 dan pergi ke bagian Sources - copy file install.wim - dan pastekan ke folder Windows 10 di dalam folder sources

  6. Langkah berikutnya kalian lakukan penginstalanya dengan klik 2x file setup yang ada di folder Windows 10.

  7. Lalu akan muncul jendela update, kalian bisa pilih Not right now - next - Install

  8. Tunggu hingga prosesnya selesai sampai 100% - dan lihat hasilnya SUKSES! Kita sudah pindah dari Windows 10 ke Windows 11 tanpa harus melakukan instal ulang.

Jika masih belum jelas kalian bisa simak video berikut:

Itulah tadi cara yang mudah dan simpel untuk upgrade dari windows 10 ke Windows 11 dengan mudah dan benar. Untuk pindah ke Windows 11 tidak perlu membutuhkan PC dengan spek tinggi, karena ini saya mencoba dan menginstal Windows 11 pada komputer jadul tanpa kendala dan tidak lemot saat dijalankan. Semoga tutorial singkat ini berguna dan bermanfaat

Download Full Bahanya
Download Windows 10 Creation Tools Download Windows 11
  • Tidak, dengan melakukan tips dan trik ini file dan semua pengaturan pada windows sebelumnya tidak akan berubah. Cara ini memang berguna bagi kalian yang malas untuk mengatur setting nya lagi atau menginstal driver satu persatu dari awal seperti halnya melakukan instal ulang pada umumnya.
  • Tidak! Cara ini tidak merubah sedikitpun pengaturan pada system dan product key dari windows aslinya tidak akan hilang jadi tetap aman karena menginstalnya dari website resminya.
  • Tidak! Windows 11 dapat berjalan mulus tanpa kendala jika diinstal di Laptop atau Komputer dengan spesifikasi rendah. Ini saya tes dan coba di laptop jadul dengan processor Core 2 duo RAM 3 GB lancar jaya tanpa lemot saat dijalankan.