Tutorial Cara Yang Benar Setting Wifi Internet Tenda O3

Wifi merupakan salah satu teknologi yang saat ini menjadi kebutuhan pokok setiap orang karena di zaman serba digital, semua terkoneksi dengan internet dan untuk mengakses internet secara simpel dan mudah tanpa ribet adalah dengan memanfaatkan teknologi WiFi. Untuk mendapatkan sumber Wifi sendiri, perangkat kita harus terjangkau oleh sinyal dari akses point itu sendiri agar dapat terhubung ke internet dengan memanfaatkan sinyal wifi.

Berbicara soal akses point, ada salah satu merek akses point yang memiliki harga terjangkau yang tidak lain adalah Tenda O3. Akses poin yang satu ini memang memiliki sinyal lumayan bisa jauh karena bisa diletakkan di luar ruangan atau Outdoor, sehingga sinyal akan melebar dan menyebar keluar.

Disamping memiliki kekuatan sinyal yang sangat luas, Tenda O3 juga sangat mudah cara melakukan pengaturan atau settingan untuk koneksi ke internet. Untuk melakukan setting di tenda o3, terkadang sebagian orang juga gagal atau tidak bisa tersambung dengan internet. Ada beberapa alasan kenapa Tenda O3 tidak bisa menyambung atau tidak bisa terkoneksi dengan internet, diantaranya:

  • Salah men setting DHCP Table
  • Kabel LAN yang putus atau kualitas Kabel LAN Yang Murahan dan jelek
  • IP yang belum sama dengan Modem Router

Dari beberapa kesalahan diatas, ada salah satu kesalahan yang paling disepelekan oleh setiap orang seperti pada masalah kabel LAN. Oleh sebab itu gunakanlah jenis kabel LAN yang memiliki kualitas tembaga yang bagus seperti Belden dan juga cara melakukan crimping RJ45 yang benar harus diperhatikan lagi supaya tidak ada salah dalam menyesuaikan urutan warna kabelnya.

Bagi pengguna yang masih awam dalam melakukan settingan Akses Point Tenda O3, kali ini saya akan membagikan Tips mudah dan cepat untuk mensetting pengaturan wifi di tenda O3 agar bisa terhubung dengan internet dan berhasil tanpa gagal, oke langsung saja caranya sebagai berikut ini:

Cara Setting Tenda O3 Agar Konek Internet

  1. Kalian siapkan 2 kabel LAN, lalu hubungkan ke kotak kecil (adaptor PoE) tenda o3:
    1. Kabel pertama: Tancapkan kabel LAN ke lubang Kotak kecil (adaptor PoE) LAN menuju ke lubang LAN Laptop/PC
    2. Kabel kedua: Tancapkan Kabel LAN ke kotak kecil (adaptor PoE) PoE menuju ke lubang PoE Akses Point Tenda O3

    Setelah itu konekkan adaptor powernya ke arus listrik
  2. Jika sudah tertancap semua, antara PoE ke Poe, LAN ke LAN sekarang kalian lihat bagian network. Maka kalian akan melihat pc akan mendapatkan IP tetapi masih acak dari setingan pabriknya belum di setting. Untuk mensetinganya, kalian pergi change adapter setting pada menu bawah ikon samping jam - lalu klik kanan pada Local Area Connection dan pilih Properties - pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) lalu Properties.

  3. Kemudian kalian setting IP Secara Manual:
    IP Address: 192.168.2.11
    Subnet Mask: 255.255.255.0
    Default Gateway: 192.168.2.1
    Lalu OK dan simpan, Maka komputer akan mendapatkan IP address dari Akses point Tenda O3

  4. Apabila sudah mendapatkan IP, langsung saja buka browser Chrome, dan ketikkan default gateway Tenda O3: yaitu 192.168.2.1 Kalian login dengan User: admin | Pass: admin

  5. Setelah itu kalian langsung saja pergi ke Quick Setup - pilih AP- isi SSID dengan nama Wifi sesuai dengan keinginan, dan Channelnya biarkan saja Auto agar tidak mudah dirusak Hacker dengan merusak wifi - pada Security Mode pilih WPA2-PSK agar susah di jebol - pada Encryption Algorithm pilih TKIP AES - lalu masukan password atau kata sandi kalian pada bagian kolom key. Jika sudah membuat password, kalian next dan Akses Point akan merestart.

  6. Apabila sudah Restart akses pointnya, kalian login lagi lalu pergi ke Network - LAN Setup - rubah ip address Akses point tendanya yang sesuai dengan akses point yang sekarang ini terhubung dengan internet, jangan gunakan ip address 192.168.1.1 karena ini merupakan IP modem router yang sekarang ini terkoneksi internet. Dicontoh ini saya memakai IP address 192.168.1.2, dan untuk default gatewaynya ngikut modem router ZTE dari Telkom Indihome secara standar. Jadi masukkan ip addressnya 192.168.1.1. Untuk Subnet Mask akan terisi otomatis, dan DNS servernya biarkan saja lalu kalian simpan settinganya dengan menekan tombol save.

  7. Kemudian kalian cabut kabel lan di PC dan kabel tersebut kalian tancapkan ke colokan LAN Modem Router ZTE Indihomenya. Sekarang kalian coba menyambung wifi yang baru saja dibuat ini.

  8. Maka perangkat Komputer/PC/Laptop akan tersambung dengan Wifi dan bisa berinternetan tanpa ada gangguan.

Apabila tulisan diatas masih belum jelas kalian bisa cek video berikut:

Mensetting akses point tenda o3 agar bisa konek internet. Bagaimana sangat mudah bukan melakukan settingan akses point sendiri, dengan begini kalian bisa mendapatkan ilmu baru tentang jaringan komputer. Berikutnya akan saya bahas lagi masalah-masalah tentang seputaran jaringan komputer, wifi, dan lain sebagainya.

  • Tentu saja untuk stabilnya, saya memilih Tenda O3 V1 keluran pertama karena sinyalnya lebih kuat dan stabil lancar dibandingkan dengan Versi-versi terbarunya
  • Tenda O3 tidak cocok digunakan untuk menembak wifi karena sinyalnya kurang bagus dan sering naik turun tidak stabil karena sudah saya coba, sebaiknya lebih memilih TPLINK CPE 220 karena sinyal lebih jauh dan kuat untuk rentang harga yang sama-sama murah

  • Untuk menstabilkan sinyal dari tenda O3, harus dioperasi dalamnya karena ada jalur yang memang tidak sama seperti pada tenda O3 V1, Yang saya pakai adalah Tenda O3 yang banyak sekali kelemahan jika digunakan sebagai Client. Untuk Mode Akses Point, tidak ada masalah sama sekali.

Posting Komentar