Cara Mengukur Kekuatan Sinyal Wifi Dengan Akurat

Mengukur Kekuatan Sinyal Wifi sangat diperlukan untuk menentukan ketepatan letak dari pusat penyebaran wifi pada akses poin atau router wifi. Wifi merupakan sebuah atau yang disingkat dengan Wireless Fidelity yang merupakan sebuah gelombang radio untuk melakukan suatu koneksi pada perangkat yang memiliki fitur Wifi.

Apabila kita mengetahui seberapa kuat sinyal wifi yang bisa di jangkau dengan area kita, maka bisa ditentukan untuk meletakkan perangkat kita di sumber sinyal wifi yang lebih besar agar bisa lancar berinternetan. Terlebih lagi jika ingin menembak wifi agar bisa internetan gratis, maka sebaiknya meletakkan akses point outdoornya di tempat yang sinyalnya tinggi.

Kegunaan dari mengukur kekuatan sinyal wifi yaitu:

  • Agar mengetahui tata letak sumber wifi (Router, Akses Poin)
  • Ingin mengetahui seberapa kuat pancaran sinyal wifi yang ingin di pantau
  • Bisa menentukan letak dan bisa memindahkan perangkat wifi ke tempat yang bisa di jangkau oleh perangkat
Dalam sebuah wifi, apabila sinyal semakin kuat maka jangkauan yang bisa didapatkan juga lebih luas dan juga kecepatan koneksi semakin cepat. Dan sebaliknya jika sinyal lemah, maka pengiriman paket data juga bisa lambat dan susah di jangkau oleh perangkat. Wifi sendiri memiliki sepsifikasi dan 4 variasai sekarang ini, diantaranya: 802.11a, 802.11b, 802.11g, 802.11n. Berikut tabel spesifikasinya.

Nah kali ini saya akan membagikan tips bagaimana cara mudah untuk mengukur kekuatan wifi yang kita punya. Seperti pada postingan sebelumnya, alat yang kita gunakan sama yaitu WIFIMAN. Kalian harus mendownloadnya terlebih dahulu lewat Playstore dan menginstallnya. Langsung saja ya guys, Intip caranya di bawah ini:


Tutorial Mengukur Sinyal Wifi Lewat Android


  1. Pertama-tama kalian harus download WIFIMAN di playstore dan insall.
  2. Setelah di install kalian buka lalu langsung saja masuk Channel/List juga bisa. dan disana kita bisa melihat ukuran sinyal kita dengan angka -dbm.
  3. Semakin rendah -dbm maka sinyal wifi semakin dekat atau kuat. Sebaliknya jika -dbm angkanya tinggi, itu menandakan Sinyal wifi lemah atau jauh dari perangkat

Jika belum jelas bisa simak video berikut ini:
Alat ini juga bisa di gunakan untuk mengukur kecepatan internet dan juga bisa digunakan untuk menscanning IP Address pada sebuah wifi atau jaringan. Bagaimana cukup mudahkan cara mengukur sinyal wifi cuma bermodalkan wifi saja. Semoga tutorial singkat ini bisa bermanfaat ya guys!