Cara Mengatasi Windows Defender Error Code 0x80004004 Dengan Benar

Error code 0x80004004 sering terjadi dan sangat merepotkan karena error ini muncul sangat tidak spesifik penyebabnya dan yang paling sering terjadi karena terdapat sesuatu pada windows defender. Error code 0x80004004 ini biasanya muncul disertai dengan pesan: Error 0x80004004: E_ABORT.

Error tersebut terkadang karena virus atau malware yang mencoba menghalangi suatu proses dan biasanya error ini muncul bersamaan dengan kondisi komputer  yang lambat dan ketika menjalan aplikasi apapun atau program apapun menjadi macet di tengah jalan.

Kemungkinan error ini muncul juga bisa disebabkan karena saat mematikan komputer tidak benar atau bisa juga mencoba mengupdate windows defender atau instalasi program bahkan saat upgrade windows.

Ada beberapa faktor lain yang bisa diidentifikasi, mengapa error code 0x80004004 ini bisa muncul, diantaranya:

  • Proses instal atau uninstall program yang tidak sempurna atau kurang lengkap
  • Adanya program antivirus atau malware yang diinstal di komputer
  • Terinfeksi virus atau malware
  • Hardisk yang mengalami bad sector
  • File registry yang mengalami kerusakan
  • Update an windows yang belum terinstall
  • Kendala Koneksi internet yang kurang lancar

Nah didalam tutorial kali ini saya akan membagikan tips mengatasi Error Code 0x80004004 dengan cepat dan benar tanpa melakukan install ulang windows.

Cara Memperbaiki Error Code 0x80004004 Dengan Cepat 100% Sukses

SOLUSI 1: Dasar

Kemunculan error tersebut bisa dilakukan investigasi terlebih dahulu, misalnya saat akan memulai suatu program atau aplikasi komputer atau aplikasi yang terkait dari program tersebut yang bisa menjadikan error.

  1. Pastikan Koneksi internet lancar, sebab kalau tidak lancar bisa jadi updetan windows tidak berhasil di download secara maksimal jika memang sedang update
  2. Coba jalankan dan scan menggunakan software antivirus/malware untuk mendeteksi adanya gangguan dari virus jahat
  3. Jika sudah melakukan scan masih tetap tidak teratasi, bisa juga karena software antivirus/malware ini memblokir beberapa kerja komputer, coba untuk menonaktifkan sementara waktu dan aktifkan kembali

SOLUSI 2: Menjalankan Troubleshooter

  1. Cari di start menu Troubleshooter - View All
  2. Setelah itu kalian pilih Windows Update troubleshooter
  3. Dan ikuti semua petunjuk yang ada di layar sampai masalahnya selesai

SOLUSI 3: Menghapus Junk File

Penggunaan komputer yang sering pada waktu ke waktu bisa membuat menumpuknya file sampah yang berimbas pada konflik pada sistem, selain membuat sistem terjadi masalah ternyata file sampah ini juga bisa membebani kapasitas hardisk. Untuk mengatasinya coba kalian hapus File sampahnya dengan melakukan cara berikut ini:

  1. Buka CMD - lalu ketikkan perintah cleanmgr
  2. Maka tools bawaan windows ini akan secara otomatis melakukan perhitungan banyaknya file dan ruang yang digunakan, kalian bisa centang semua pada kotak termasuk juga kotak File Temporarynya - lalu OK untuk melakukan proses pembersihannya

SOLUSI 4: Menginstall Update an Yang Tertundar

Pengupdetan yang didownload dan tidak segera diinstal dapat menimbulkan masalah pada sistem windows. Jadi usahakan kalau melakukan update harus segera diinstal juga tanpa menundanya. Kalian bisa periksa update an yang tertunda dan menginstallnya, caranya sebagai berikut:

  1. Buka Start menu windows dan ketikkan update
  2. lalu lihat apakah terdapat updetan yang masih belum juga diinstal, jaga ada kalian bisa langsung melakukan pengupdate an sekarang juga untuk mengatasi error code 0x80004004.

SOLUSI 5: Update Driver Komputer

Driver merupakan salah satu komponen terpenting pada sistem komputer, karena driver bisa menjembatani antara sistem dan perangkat keras atau aplikasi yang diinstal.Maka dari itu kalian harus selalu memiliki driver terbaru agar semua masalah bisa teratasi, termasuk masalah Error Code 0x80004004. Oke langkahnya sebagai berikut ini: 

  1. Kalian klik kana MyComputer - pilih Properties
  2. Setelah itu pilih Device Manager
  3. Kemudian kalian cari semua perangkat yang terdaftar pada komputer, kalian cari yang ada tanda seru berwarna kuning, jika ada kalian klik kanan lalu Update Driver
  4. Jika sudah di update drivernya, kalian restart komputer dan lihat hasilnya

SOLUSI 6: Menjalankan Fitur File Checker

Kalian bisa melakukan pemeriksaan file sistem yang ada pada bawaan windows untuk membantu dalam mengatasi masalah error code 0x80004004. Alat ini bisa menscan dan memperbaiki file sistem yang rusak yang bisa menjadi penyebab dari semua masalah error code 0x80004004. Caranya sebagai berikut:

  1. Buka Start Menu - cari CMD  dan klik kanan lalu buka dengan mode Run as Administrator
  2. Jika sudah membuka CMD, kalian bisa ketikkan perintah chkdsk/f/r lalu tekan y untuk memulai prosesnya

Kalian restart komputer untuk memulai proses pemeriksaan disk yang akan berjalan saat pertama kali komputer akan masuk ke windows. Tunggu prosesnya sampai alat ini benar-benar melakukan pekerjaannya dan lihat hasilnya.

SOLUSI 7: Menjalankan Disk Check Utility

Seperti halnya pada tools file checker, tools bawaan windows ini (chkdsk) mampu memeriksa hardisk dan memperbaiki sektor dan file yang rusak. Untuk menjalankannya kalia bisa simak langkah-langkahnya dibawah ini:

  1. Buka Start Menu - cari CMD  dan klik kanan lalu buka
  2. Jika sudah membuka CMD, kalian bisa ketikkan perintah chkdsk
  3. Lalu ketikkan chkdsk jika sudah selesai lanjutkan dengan perintah chkdsk c: /f/r/x dan tekan ENTER.
  4. Lalu restart komputer dan lihat hasilnya

Beberapa solusi diatas sangat ampuh untuk mengatasi Error Code 0x80004004 Tanpa Install Ulang Windows yang bisa memakan waktu dan bisa menghapus semua data di komputer dan tentu saja melakukan penjagaan komputer agar tetap stabil supaya bisa terhindar dari error code 0x80004004.

Kalian juga perlu untuk membackup system windows agar tidak terjadi masalah seperti ini lagi di kemudian hari dan mengaktifkan pengamanan tambahan yang sudah ada di sistem windows atau juga bisa melakukan penginstalan program antivirus dan anti malware yang merupakan salah satu dari penyebab rusaknya file windows dan meningkatkan keamanan dari serangan yang berbahaya lainnya.

Posting Komentar