Scroll untuk melanjutkan membaca
Cara Mengatasi Tidak Bisa Ping Di Satu Jaringan Yang Sama

Cara Mengatasi Tidak Bisa Ping Di Satu Jaringan Yang Sama

Ping merupakan suatu utilitas yang biasa digunakan untuk menguji jaringan antara protokol internet. Dengan memanfaatkan Ping ini kita bisa mengetahui status host tujuan sedang mau menerima paket atau tidak.
Ping sendiri memiliki Fungsi Yang sangat penting, diantaranya:

  • Digunakan untuk komunikasi antar komputer, jika ping ada balasannya maka komputer tujuan bisa saling bertukar paket data. Misalnya jika paket menunjukkan adanya (%loss), maka sudah dipastikan komputer atau perangkat yang akan dituju tidak akan bisa berkomunikasi atau berhubungan satu sama lain.
  • Mengecek dan menstabilkan suatu jaringan
  • Bisa dimanfaatkan untuk mengecek adanya troubleshooting pada suatu jaringan
Kadang kalanya kita bisa mengalami masalah saat kita mau nge ping ke komputer tujuan di dalam satu jaringan dengan melakukan ping, kita malah mendapatkan balasan dari komputer tujuan adalah 100% loss.

Nah dalam postingan kali ini saya akan membagikan tips yang sangat mudah mengatasi permasalah kenapa kita tidak bisa melakukan Ping padahal sudah ada di dalam satu jaringan. Oke langsung saja ya bro:

Tutorial Mengatasi Tidak Bisa Ping Di Satu Jaringan


  1. Permasalah utama gagal melakukan ping karena secara default ada beberapa fitur yang nonaktif. Kalian bisa langsung pergi ke komputer tujuan dan masuk  ke Open Network & Internet Setting

  2. Setelah itu pergi ke Network and Sharing Center - Advanced Sharing Setting - Dan aktifkan/enable/ON beberapa menu yang tadinya itu Off.


Nah jika sudah di on semuanya, kalian bisa cek pingnya lagi. Maka komputer bisa bertukar paket data lagi. Jika belum jelas bisa simak contoh berikut:

Demikian Tutorial dan cara mengatasi tidak bisa melakukan ping antar jaringan. Semoga Tutorial dan tips ini bermanfaat.