Scroll untuk melanjutkan membaca
Cara Yang Benar Install Kali Linux Dan Windows Dual Boot Terbaru 2022

Cara Yang Benar Install Kali Linux Dan Windows Dual Boot Terbaru 2022

Kali linux merupakan sebuah sistem operasi turunan Debian (Linux) yang didalamnya terdapat bermacam-macam tools/alat yang sering dipakai untuk membobol (hacking) atau penetrasi sebuah komputer,jaringan dan sistem   keamanan lainnya.

Sistem operasi kali linux sendiri sering dipakai oleh:

  • Teknisi jaringan
  • Peretas, seseorang yang bergelut di dunia hacking dan cracking. 
Selain itu sistem operasi kali linux ini juga bermanfaat untuk hal-hal yang positif juga loh, misalnya:

  • Mengetes keamanan komputer dan jaringan
  • Pembelajaran tentang sebuah keamanan
  • Pentest
  • Dll

Dalam postingan ini saya akan membagikan cara mudah dan cepat bagaimana instalasi Kali linux versi terbaru pada Laptop/komputer. Disini kita tidak memakai kaset CD tapi instalasi sistem operasinya pakai USB Bootable. Oke langsung saja ya tutorialnya ada di bawah ini:

Tutorial Instalasi Kali Linux 2022 Dengan Mudah Dan Cepat

  1. Langkah pertama download dulu file master .ISO  kali linux nya melalui pencarian google atau di website resmi. Kalian bisa pilih yang versi 32-bit/64-bit.

  2. Setelah di download, kalain juga wajib download software bantuan untuk proses flashing ke USBnya. Di sini saya sarankan pakai Balena Etcher kalian bisa mencarinya di google.

  3. Jika sudah mendownload Peralatan semuanya diatas, Kalian buka Balena Etcher dan tancapkan flashdisk ke colokan usb lalu klik Select Image untuk menentukan sistem operasi. Arahkan ke File .ISO kali linux yang sudah di download. Kemudian klik Select Drive untuk menentukan lokasi Flashdisk kalian.

  4. apabila sudah semua baru memulai proses Flashing USB Flashdisknya dengan mengklik tombol FLASH!
  5. Tunggu hingga proses selesai. Dan jika sudah selesai kalian restart dan tancapkan Flashdisk ke port USB komputer/laptop yang ingin kalian instal. Kemudian kita perlu mensetting BIOS agar mau booting lewat USB Flashdisk. Tekan F2 atau Del untuk masuk pengaturan BIOS (Sesuaikan dengan tombol laptop/komputer kalian)

  6. Jika sudah masuk bios langsung saja masuk ke pengaturan Boot dan ubah posisi flashdisk menjadi paling atas. Jika sudah disetting baru save dan exit dengan menekan tombol F10.
  7. Setelah laptop restart, maka akan booting lewat flashdisk dan pilih mode penginstalan kali linux - Graphical Install.
  8. Setelah masuk proses penginstalan, kalin tentukan keyboard, jam, bahasa, dan Login + Passwordnya (INGAT JANGAN SAMPAI LUPA USERNAME + PASSWORD YANG DI BUAT).
  9. Kemudian nanti disuruh untuk membuat atau menentukan besaran partisi, kita pilih yang manual saja. 

  10. Disini kita WAJIB membuat 2 jenis partisi (System EXT4 + Swap area), Kita buat Partisinya untuk systemnya sebesar 32GB dan 2GB untuk partisi swap nya. Jangan lupa untuk partisi Ext4 mount poinnya di jadikan "/"
  11. Setelah itu kita pastikan, apakah partisi kita sudah yakin dan benar, Jika sudah maka langsung eksekusi proses flashing dan penginstalannya dengan memilih finish partitioning and write to disk.

  12. Lalu tunggu hingga proses penginstalannya selesai, sebelum selesai nanti kita akan dihadapkan dengan pilihan tampilan desktop kali linux, Kalian bisa memilih sesuai selera. Kalau saya memilih secara defaultnya aja Xfce.

  13. Sebelum Finish, nanti ada lagi pilihan untuk penginstalan Grub loader kali linux, kalian tentukan lokasi hardisknya ya untuk penginstalan grub loader kali linux nya. Jangan salah memilih di flashdisk.

  14. Setelah selesai semua tahap-tahapan instalasi, maka komputer akan Reboot, dan sukses masuk ke grub loader kali linux. Jika kalian punya 2 sistem operasi (Windows atau yang lainnya) maka akan terdeteksi di grub loader kali linux ini.

Jika masih bingung caranya, kalian bisa simak langkah dan tutorialnya di video berikut ini:

Kali linux merupakan salah satu OS terbaik untuk urusan Hacking, karena didalamnya terdapat beberapa Tools yang dibutuhkan untuk seorang yang ingin belajar ilmu Hacking. Cukup mudah dan simpel kan proses penginstalan kali linux 2022 terbaru ini. Semoga tutorial ini bermanfaat dan berguna.