Cari Tutorial

Cara Yang Benar Mengatasi Sering Freeze

Mengatasi Laptop Sering Freeze

Pengguna laptop mungkin sering mengalami kejadian saat mengerjakan tugas atau mengetik laptop tiba-tiba Freeze atau diam tidak mau bergerak begitu saja. Laptop macet dan dimatikan secara paksa dengan menekan tombol power atau yang lebih parahnya mencabut baterai atau kabel powernya. Tentu saja kalau keseringan melakukan seperti itu bisa-bisa Laptop cepat rusak. Namun ada cara yang sangat ampuh untuk mengatasi Laptop Hang atau Freeze.

Mengapa Komputer Mengalami Freeze

Sebelum melanjutkan alangkah baiknya kita mengetahui beberapa penyebab kenapa Laptop Freeze Sering. Ada beberapa penyebab kenapa Laptop sering Freeze, diantaranya:

Laptop Tidak Memiliki RAM Yang Cukup

Apabila Laptop sering mengalami pembekuan, mungkin komputer Anda memiliki RAM yang tidak mencukupi. Jika RAM Anda tidak cukup, kinerja komputer juga dapat melambat dengan sendirinya jika RAM tidak cukup. Untuk mencegah komputer berjalan lambat ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti mengupgrade RAM.

Laptop Kena Virus

Virus komputer juga bisa membuat Laptop menjadi Freeze karena Virus bisa merusak sistem dan membuat Laptop tidak bisa digunakan secara semestinya.

Software Error

Adanya kerusakan pada software juga bisa membuat komputer menjadi Freeze karena software tersebut akan mengalami kerusakan akan mencoba menggunakan sumber daya yang tidak diberikan oleh Windows. Selain itu ada penyebab lainnya seperti adanya bug pada software yang bisa menyebabkan penggunaan sumber daya yang besar dan banyak sehingga sistem akan mengalami kesulitan dalam menjalankan tugas secara semestinya.

Overheating

Apabila suhu Laptop sudah terlalu tinggi maka hal tersebut bisa menyebabkan penurunan kinerja PC dan akhirnya komputer akan Freeze. Sebaiknya segera cek kenapa overheating terjadi karena bisa menyebabkan komponen lainya bisa rusak secara ireversibel.

Terlalu Banyak Program/Software Yang Berjalan Di Belakang System Background

Software yang berjalan di laptop juga membutuhkan sumber daya sehingga apabila terdapat software atau program yang sedang berjalan di belakang system (Background), maka hal tersebut bisa banyak memakan memori atau sumber daya. Untuk menghentikan beberapa software atau program yang berjalan dibelakang system, kalian bisa menekan tombol CTRL + SHIFT + ESC untuk membuka Task Manager. Lalu kemudian pilih program yang memang tidak dipakai dengan mengklik END TASK.

Settingan BIOS

Apabila kalian pernah mengotak-atik atau memodifikasi pengaturan BIOS, Hal tersebut bisa membuat Laptop menjadi Freeze. Jadi kalian kembalikan saja ke pengaturan Default atau pabrikanya.

Adanya Corrupted atau File System yang hilang

Apabila ada file yang corrupt atau file system yang hilang bisa membuat laptop kalian menjadi Freeze. Jadi selalu cek permasalah File System yang ada pada folder System

Perangkat Eksternal Rusak

Jika terdapat USB eksternal atau perangkat eksternal lainya seperti mouse atau keyboard juga bisa menyebabkan komputer mengalami Freeze. Usahakan kalian sudah memiliki Driver yang cocok dan mencoba untuk menghubungkannya satu per satu perangkat yang tertancap untuk memeriksa perangkat mana yang menyebabkan masalah Freeze tersebut.

Itulah tadi beberapa penyebab kenapa Laptop Sering Freeze, nah untuk memperbaikinya bisa lihat caranya berikut ini:

Cara Memperbaiki Laptop Sering Freeze Dengan Cepat dan Tepat

1. Periksa Reliability Monitor

Untuk memperbaiki laptop sering Freeze salah satunya dengan mengecek Reliability Monitor. Caranya: buka Control Panel - System and Security - Security and Maintenance - Reliability Monitor.

Pada Reliability Monitor kalian akan melihat grafik dari kinerja Laptop dari waktu ke waktu. Kalian juga bisa melihat daftar log crash dan masalah lainnya, pembaruan, dan aplikasi yang baru diinstal secara detail dan lengkap.

Apabila kalian melihat adanya kesalahan pada grafik ketika ketika Laptop Freeze, maka nanti ada pilihan untuk melihat beberapa detail untuk memeriksa database dari Microsoft untuk perbaikan dan solusi perbaikanya. Kalian juga bisa melihat beberapa alasan dan deskripsi atau Error Code yang bisa diperbaiki secara lanjut.

Pada grafiknya kalian juga bisa melihat alasan kenapa Laptop menjadi Freeze dan apabila kejadian Freeze tersebut terkait dengan Update sistem, Maka kalian bisa memanfaatkan fitur System Restore untuk mengembalikan sistem ke keadaan sebelum pembaruan diinstal.

2. Tes RAM

Apabila kalian sering mengalami Freeze pada laptop, bisa jadi karena adanya RAM yang bermasalah. Kalian bisa mencoba melakukan beberapa tes untuk melihat masalah tersebut dengan cara Buka menu Start lalu kemudian ketikkan Windows Memory Diagnostic. Maka Laptop akan Restart untuk melakukan pengujian pada memori RAM dan memberi tahu jika menemukan masalah.

3. BSOD (Blue screen of Death)

Jika kalian mengalami Freeze lalu beberapa detik Blue Screen (BSOD), maka nanti kalian akan mendapatkan informasi tambahan seputar mengapa error tersebut muncul. Disana nanti akan terlihat QR code dan "Stop Code" yang bisa dianalisa untuk melakukan perbaikan.

4. Restart System Laptop

Apabila Laptop masih mengalami freeze setelah beberapa menit menunggu dan laptop diam tidak bisa digerakkan, maka kalian perlu melakukan hard reset.

Kalian bisa langsung tahan tombol powernya sampai Laptop mati dan cabut baterai beserta kabel yang menancap. Lalu coba nyalakan Laptop lagi untuk memulai sistem dari awal.

5. Scan Laptop Dengan Antivirus

Kalian bisa melakukan scan secara menyeluruh sistem komputer dengan program antivirus seperti menggunakan ESET Nod32 atau antivirus lainya untuk membersihkan sistem dari malware atau virus.

6. Periksa Browser Pada Laptop

Laptop yang Freeze juga bisa terjadi karena browser terjebak pada website tertentu karena browser tidak merespon. Kalian bisa menutupnya dengan membuka Task Manager untuk menutup Browser.

Pada Google Chrome dan Microsoft Edge kalian bisa menekan tombol SHIFT + Esc untuk membuka task manager pada browser dan untuk mozilla Firefox, kalian bisa mengklik tombol Menu - More - Task Manager. Dengan membuka task manager browser, kalian bisa melihat semua proses apa saja yang sedang berjalan dan mengetahui penyebab utama halaman browser tidak responding yang membuat komputer Freeze.

7. Reinstall Driver

Apabila kalian baru saja melakukan upgrade perangkat seperti CPU, Hard Disk NVMe, atau komponen laptop lainnya dan melakukan penginstalan driver baru bisa juga mengalami Freeze karena driver yang rusak atau mungkin ada kesalahan pada instalasinya atau bisa juga tidak cocok drivernya. Kalian perlu menghapus driver saat ini terpasang dan mencoba mendownload driver dari situs resminya atau terbaru yang dirilis dan menginstalnya kembali.

8. Periksa kinerja Hard Drive

Apabila harddisk terdapat bad sector dan mulai mengalami error, maka bisa terjadi Freeze, Coba untuk melakukan scan Hard Drive untuk mengetahui adanya suatu masalah atau tidak. Kalian bisa menggunakan software seperti Hard Disk Sentinel atau software pengecekan Hardisk lainya untuk mengetahui informasi jika ada masalah dengan HDD kalian.

9. Refresh Laptop

Apabila kalian sedang menjalankan program yang memakan banyak sumber daya CPU, Hal tersebut juga bisa membuat Freeze Laptop. Kalian bisa mencoba untuk menunggu dan memberi CPU bekerja beberapa menit sampai program yang berjalan selesai melakukan tugasnya agar laptop bisa berjalan normal seperti sediakala.

Jika Semua Solusi Dan Cara Tetap Gagal Dan Laptop Masih Freeze

Apabila masalah Freeze masih belum bisa diselesaikan, Maka kemungkinan besarnya ada di permasalahan pada perangkat keras atau komponen yang ada di dalam laptopnya. Jika Laptop masih dalam masa garansi, sebaiknya segera hubungi toko kalian membeli Laptop untuk meminta Garansi agar bisa mendapatkan klaim garansi dan menggantinya dengan yang lebih baru asalkan segel belum terbuka.
⚡️Video Hacking
Jika ada pertanyaan dan ingin konsultasi dengan admin, bisa langsung hubungi via KONTAK
­čĺČKirim Pertanyaan
Komentar
Posting Komentar
Tautan disalin ke papan klip!