Scroll untuk melanjutkan membaca
Cara Mengaktifkan Remote Desktop Windows 11 Dengan Benar

Cara Mengaktifkan Remote Desktop Windows 11 Dengan Benar

Mengaktifkan remote desktop windows 11 - Remote Desktop merupakan salah satu fitur yang disediakan pada sistem operasi windows salah satunya adalah Windows 11. Remote desktop atau biasa disebut dengan RDP merupakan salah satu fitur yang sangat penting dan bisa berguna untuk melakukan kontrol jarak jauh komputer, dengan begini komputer bisa dipantau atau digerakkan dari jarak jauh tanpa harus pergi didepan komputer tersebut.

Remote desktop sendiri merupakan salah satu fitur yang sudah ada sejak dulu dan diberikan oleh Microsoft untuk penggunanya untuk mempermudah mengakses komputer dari mana saja. Selain itu RDP juga sering digunakan untuk membantu pengguna PC ketika mengalami masalah, jadi dapat dikontrol dan dipantau dari jarak jauh. RDP sendiri juga penggunaanya gratis tanpa biaya tidak seperti aplikasi atau software remote yang ada pada umumnya, sehingga ini merupakan salah satu keuntungan menggunakan RDP.

Hal tersebut sangat menguntungkan, khususnya bagi pekerja kantoran atau seseorang yang kerja remote dari jarak jauh. RDP sendiri berjalan biasanya berjalan di port 3389 dan sering dipakai pada beberapa komputer atau server untuk dikontrol dari jarak jauh antara rumah - kantor atau sebaliknya kantor - rumah. RDP sangat penting sekali karena bisa meningkatkan mobilitas dalam penggunaan komputer, salah satu kelebihan dan keuntungan mengaktifkan Remote Desktop adalah:
  • Dapat memantau dan menggerakkan langsung komputer dari jarak jauh dengan cepat
  • Bisa dijadikan sebagai server komputer
  • Bisa digunakan untuk mendownload dan mentransfer file dari jarak jauh

Mengaktifkan remote desktop windows 11 atau RDP ini sangatlah penting agar komputer kita bisa diakses dari mana saja, terutama di ip publik yang tentunya harus melakukan setting router terlebih dahulu jika ingin diakses lewat ip publik. Mengaktifkan remote desktop windows 11 juga bisa memudahkan pengguna untuk memantau suatu komputer atau laptop tanpa harus repot-repot berpindah tempat lagi, hanya tinggal diam di tempat awal untuk melakukan pemantauan remote dari jarak jauh.

Pada Windows 11 ada beberapa langkah untuk mengaktifkan Remote Desktop secara tepat dan benar. Pada artikel kali ini saya akan membagikan tips dan trik mengaktifkan remote desktop windows 11 dengan benar dan tepay. Berikut ini adalah beberapa cara yang cepat untuk mengaktifkan RDP, langsung saja caranya sebagai berikut.

Tutorial Cara Mengaktifkan Remote Desktop Windows 11 Dengan Cepat

Untuk mengaktifkan remote dekstop windows 11 atau RDP ini kalian bisa ikuti beberapa tahap-tahap yang mudah dan sederhana. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Membuka Settingan RDP

Langkah pertama kalian buka dulu start menu - lalu ketikkan pada pencarian remote desktop settings Lalu Kemudian On kan pada bagian Off lalu konfirmasi

2. Setting Remote Desktop

Setelah itu pilih Remote Desktop Users Untuk melihat nama user yang ingin di setting. Biasanya usernamenya yang digunakan untuk meremote adalah user dari login atau komputer yang digunakan.

3. Tes Koneksi

Apabila sudah mengetahui usernamenya, kalian bisa tes koneksi dengan menggunakan komputer lain dengan membuka RDP pada komputer lain dan coba masukkan username dan password pada komputer yang barusan di setting ini. Maka cara mengaktifkan remote desktop windows 11 sudah berhasil dan kalian bisa menggunakanya untuk meremote komputer lain. Jika masih belum jelas, bisa simak video dibawah ini:

Tapi cara ini masih digunakan untuk Local network saja ya atau jaringan yang sama. Apabila ingin melakukan cara setting dan mengaktifkan remote desktop beda ip publik atau dari jarak jauh, kalian harus mengaktifkan Port Forwarding pada pengaturan Router.

RDP ini merupakan salah satu fitur yang ada pada Windows dan sangat berguna untuk melakukan kontrol jarak jauh. Selain itu RDP juga sangat ampuh untuk memonitoring pengguna yang ingin kita pantau atau juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan jasa sewa RDP yang saat ini banyak di cari pengguna komputer di seluruh dunia. Mengaktifkan remote desktop windows 11 memang tidak perlu pengetahuan khusus karena sangat mudah dilakukan seperti langkah-langkah diatas dan hampir sama dengan versi windows terdahulu seperti Windows 7,8, dan 10.

Itulah tadi cara ampuh mengaktifkan remote desktop windows 11 atau RDP windows 11 dengan cepat dan benar. Cara ini sangat berguna dan lebih praktis untuk melakukan kontrol jarak jauh tanpa harus pindah posisi atau komputer kerja. Sangat disarankan bagi mereka yang ingin menambah mobilitas kerja agar lebih simpel dan praktis. Semoga tutorial ini berguna dan bermanfaat.

Download RDP Windows 11
Download

  • Ya langkah-langkah diatas bisa di coba dan sma persis pada versi windows sebelumnya, seperti Windows 7,8, dan 10.
  • RDP bisa digunakan untuk meremote komputer dari jarak jauh dengan syarat melakukan settingan di router dan port forwarding agar bisa mengarah ke komputer target. Untuk caranya sudah saya buatkan postingan sebelumnya jadi bisa kalian cek.
  • Semua koneksi RDP terbilang cepat dan itu tergantung dari koneksi internet kalian, jika koneksinya dipakai banyak orang ya bisa jadi akan lambat. Tetapi di era internet zaman sekarang, RDP sudah sangat cepat dan bugnya sudah diperbaiki semua jadi koneksinya tidak akan merambat seperti pada aplikasi remote desktop lainya.
Posting Komentar
TULIS KOMENTAR