Cara Yang Benar Memperbaiki Hard Disk Yang Bad Sector

Hard Disk merupakan salah satu komponen komputer atau laptop yang sangat penting karena perangkat ini bisa digunakan untuk menyimpan data dan file serta sebagai perangkat untuk menjalankan sistem operasi. Meskipun saat ini keberadaan Hard Disk akan tergantikan oleh hadirnya perangkat terbaru yang namanya SSD, tetapi banyak juga pengguna komputer atau laptop yang masih memakai Hard Disk untuk media penyimpanan mereka.

Hard Disk sendiri memang tidak luput dari adanya error yang sering di jumpai oleh para pengguna Komputer/Laptop, salah satunya adalah Bad Sector. Masalah yang satu ini memang menjadi ancaman tersendiri bagi pengguna komputer yang masih menggunakan Hard Disk sebagai perangkat penyimpanan mereka. Seiring penggunaanya dari waktu ke waktu, biasanya Hard Disk juga akan mengalami masalah Bad sector yang bisa membuat Hard Disk kita rusak bahkan berjalan sangat lambat jika dipaksa untuk beroperasi.

Untuk menjaga agar Hard Disk tetap awet tidak gampang terkena Bad Sector dengan cara menjaga agar komputer kita tidak mati mendadak karena pemadaman listrik, usahakan menggunakan UPS yang baik agar komputer tidak mati mendadak yang dapat mempengaruhi kesehatan Hard Disk ditambah dengan sering-sering saja melakukan defrag setiap 1 bulan sekali agar Hard Disk tetap terjaga dan terawat tidak gampang bad sector

Jika menjalankan komputer dengan keadaan Hard Disk yang bermasalah, tentu saja hal ini dapat mengganggu kerja kita dalam mengoperasikan komputer. Ada beberapa manfaat apabila Hard Disk kita lancar tanpa bad sector, diantaranya:

  • Tidak lemot saat digunakan membuka sesuatu
  • Proses copy - paste data jadi lancar tidak terganggu
  • Menjaga umur Hard Disk

Nah di Di kesempatan kali ini kita akan belajar memperbaiki Hard Disk bad sector sendiri tanpa bantuan tukang servis. Caranya ternyata sangat simpel dan mudah sekali tidak terlalu rumit. Tentu saja hal ini sangat bermanfaat jika kita memperbaiki Hard Disk kita sendiri maka data-data kita aman dan bisa secepatnya di pindah atau di backup ke penyimpanan online atau cloud. Jadi jangan dibuang terlebih dahulu jika memiliki Hard Disk yang mengalami Bad sector. Oke langsung saja cara memperbaikinya langkah-langkahnya bisa di simak dibawah ini:

Tutorial Cara Memperbaiki Hard Disk yang Bad Sector Dengan Mudah Dan Tepat Tanpa Beli Hard Disk Baru Lagi

  1. Disini kita membutuhkan bantuan Tools yang berguna sekali untuk reparasi komputer, Tools tersebut adalah sebuah software yang namanya Hiren Boot CD. Kalian download terlebih dahulu aplikasi Hiren Boot CD pada website resminya - jika sudah jangan lupa kalian download juga Tools ke 2 yaitu RUFUS.

  2. Apabila sudah di download 2 tools tersebut, saatnya beraksi. Kalian buka Rufus - Jika sudah masuk rufus kalian rubah Partition Scheme: nya menjadi MBR - lalu pada Boot Selection: kalian arahkan ke file download Hiren Boot CD yang sudah di download tadi. - apabila sudah semua langsung saja START

  3. Jika proses Rufus selesai kalian restart komputer dan masuk BIOS (untuk PC tekan DEL kalau Laptop tekan F2 agar bisa masuk Bios) - apabila sudah masuk bios atur saja letak bootingnya menjadi USB menjadi posisi yang pertama.

  4. Selanjutnya Tunggu loadingnya selesai, apabila sudah masuk desktop Hiren Boot CD langsung saja buka folder Utilities - lalu pilih Diskgenius.

  5. Kemudian kalian pilih Hard Disk yang Bad Sector - klik kanan - pilih Verify Or Repair Bad Sector - Klik Tombol Repair dan OK. Kalian tunggu hingga prosesnya benar-benar selesai.

  6. Lihat hasilnya! Bad Sector sudah berhasil diperbaiki dengan sempurna dan benar

Jika masih belum jelas kalian bisa simak video berikut:

Tidak hanya untuk mendownload video di facebook saja, web tersebut juga bisa digunakan untuk mendownload video dari youtube dan instagram. Dengan trik ini kalian bisa dengan leluasa dan mudah untuk mendownload video di FB tanpa bantuan software atau aplikasi. Semoga tutorial ini bermanfaat dan berguna.

Download Tools
Download
  • Untuk prosesnya sendiri tergantung kapasitas Hard Disk yang digunakan, semakin besar kapasitasnya semakin lama juga proses perbaikan Hard Disknya.
  • Apabila terlalu lama prosesnya, atau apabila komputer ingin di Shutdown karena panas bisa dilanjutkan alias bisa di Resume lagi proses perbaikan Bad Sectornya tanpa harus memulainya dari awal karena DiskGenius ini mampu mendeteksi checkpoint yang baru saja diperbaiki.
  • Hasil dari perbaikan dengan metode ini hasilnya permanen dan tidak akan kembali Bad Sector lagi, karena proses perbaikan Bad Sector dengan menggunakan DiskGenius ini tujuan memperbaiki sector yang corrupt.