Cara Menambah Subdomain Pada Blogger Tanpa Beli Domain Lagi

Domain merupakan salah satu hal yang sangat penting pada sebuah website karena bisa membuat website kita lebih profesional di mata pengunjung, terlebih lagi domain yang kita gunakan menggunakan domain TLD atau .com yang memang sangat dianjurkan google agar lebih cepat masuk ke mesin pencarian google.

Bagi pemilik website, domain merupakan hal yang sangat penting untuk menunjukkan eksistensinya di dunia internet. Oleh sebab itu jika kita memiliki domain, maka website kita juga lebih bagus dan terlihat sempurna. Namun bagi seseorang awam jika sudah membuat website dan ingin membuat toko online pada websitenya, Tentunya mereka akan beli domain lagi untuk menambah tema atau niche pada website mereka. Hal tersebut tidaklah perlu lagi kita membeli domain baru, karena kita bisa menggunakan yang lebih SEO yaitu dengan menambahkan sebuah subdomain.

Apa itu subdomain? Subdomain adalah bagian tambahan dari domain utama, misalnya seperti contoh di atas seseorang mempunyai website yang isinya artikel teknologi dengan domain komputerx.com dan ingin membuat toko online komputer, maka kita bisa menambahkan nama di belakang domain utama ini dan menjadi: shop.komputerx.com.

Ada beberapa alasan seseorang ingin menambahkan subdomain pada doamin utama mereka, diantaranya:

  • Menghemat biaya dan lebih terlihat profesonal
  • Agar lebih SEO layaknya website besar
  • Bisa menambha tema atau niche lebih banyak

Nah pada tutorial kali ini saya akan membagikan tips cara yang tepat membuat subdomain pada blogger tanpa membeli domain yang mengharuskan mengeluarkan uang lagi. Oke langsung saja tips dan triknya ada di bawah ini:

Tutorial Cara Membuat Subdomain di Domain Utama Pada Blogger

  1. Kalian buat Blogger baru - jika sudah buat blogger baru lansgung saja pergi ke - Settings - Custom domain
  2. Lalu kalian masukkan nama sub domain sesuai keinginan dibarengai dengan nama domain utamanya, misalnya: kali.komputerx.com (INGAT: jangan centang bagian redirect domainya)
  3. Jika sudah membuat subdomain, kalian pergi ke Cloudflare atau tempat dimana kalian mengatur DNS atau membeli domain.
  4. Disini saya memakai Jasa Cloudflare untuk mendaftarkan domain saya. Lalu tambahkan Add Record - CNAME - dan pada bagian
    kolom name: isi nama subdomain nya saja tanpa domain utama
    untuk targetnya: ghs.google.com
  5. Jika sudah, balik lagi ke Blogger dan aktifkan HTTPS/SSL di blog. Jika masih pending pada status HTTPSnya, Kalain tunggu statusnya sampai aktif.
  6. Apabila sudah aktif, maka subdomain sudah bisa digunakan dan diakses. SUKSES!

Jika masih belum jelas kalian bisa simak video berikut:

Itulah tadi cara yang tepat membuat subdomain di blogger, dengan begini kalian sudah bisa membuat domain yang nantinya bisa diisi dengan postingan sesuai niche atau tema dan tanpa perlu lagi membeli domain baru yang mahal dan pemborosan.

Rencananya sub domain kali.komputerx.com akan saya isi dengan tema hacking yang tentunya hanya untuk pemberlajaran dan sharing semata. Sekian dulu tutorial kali ini, semoga berguna dan bermanfaat.