Cara Setting DHCP Ip Static di ZTE F609 Agar IP Tidak Berubah-Ubah

IP Address memang sangatlah penting untuk memetakan setiap perangkat yang terhubung ke suatu jaringan. Oleh sebab itu, IP Address memiliki peranan sangat penting di suatu jaringan internet. IP Juga bisa memberikan layanan untuk melakukan transfer atau share file ke perangkat lain. 

Dengan syarat perangkat satu dengan yang lainnya tahu IP Address yang sedang ia pakai. Namun yang menjadi kendalanya jika IP Addressnya selalu berubah-ubah dan tidak ada menetap. Tentu saja hal ini sangat merepotkan jika ingin melakukan bertukar file (file sharing) karena harus memasukkan IP Address tujuan agar bisa transfer file. 

Cara yang ampuh untuk mengatasi hal tersebut adalah mensetting Router atau Wifi agar menjadi IP Static (IP Permanen tidak Berubah-ubah). Tujuan mensetting IP Static ini tidak lain adalah: 

  • Agar IP Selalu Tetap walaupun Router Dimatikan/Restart 
  • Supaya tidak memasukkan Ip address secara manual lagi 
  • Lebih Fleksibel dan tidak akan membuang-buang waktu karena tidak mengedit atau memasukkan IP Address lagi. 
Untuk melakukan IP Static pada router agar perangkat bisa memiliki ip address yang tetap, yaitu dengan mensetting dhcp table yang memiliki tugas utama dalam melakukan pengalamatan IP pada tiap Perangkat. 

Nah didalam artikel kali ini saya akan membagikan beberapa tips yang sangat cepat dan mudah untuk membuat ip static pada dhcp table di modem router ZTE F609. oke langkah-langkahnya ada di bawah ini:


Bagaimana Cara Setting IP Static di Router ZTE F609 Terbaru?

  1. Login ke modem atau router atau akses point wifi kalian dengan membuka chrome dan ketikan ip address 192.168.1.1, untuk loginnya: admin password: Telkomdso123. Disini saya memakai Modem Router dari indihome ZTE F609.
  2. Setelah itu kalian pergi ke bagian Network - LAN - DHCP Binding, kalau di akses point selain zte biasanya IP Bindingnya namanya berubah jadi IP Static. Sesuaikan dengan router atau akses poin yang di pakai.
  3. Pada ip masukkan ip address sesuai keinginan disini saya memasukan IP Address Keinginan saya yaitu 192.168.1.3, lalu pada bagian mac address kalian bisa memasukkan mac address perangkat wifi yang di pakai di komputer/laptop. bisa buka cmd dan ketikan perintah:
    ipconfig /all
    untuk melihat mac addressnya
  4. Jika sudah simpan dan coba restart PC, maka IP akan sesuai dengan yang sudah di daftarkan di router tadi..

Jika masih belum jelas kalian bisa simak video berikut:

Itulah tadi cara yang sangat ampuh untuk mengatasi masalah dhcp ip jaringan lan yang sering berubah-ubah, dengan demikian IP kalian akan permanen selamanya dan tentunya bisa bermanfaat untuk kedepanya yang berhubungan dengan ip address yang menetap atau ip static.