Scroll untuk melanjutkan membaca
Cara Yang Benar Mengatasi Error Code 8024402F Dengan Mudah

Cara Yang Benar Mengatasi Error Code 8024402F Dengan Mudah

Error code 8024402 Banyak sekali masalah error yang bisa terjadi pada sistem operasi windows, salah satunya adalah Error code 8024402F. Error Code 8024402F biasanya akan muncul dibarengi dengan pesan error Windows Update encountered an unknown error atau yang mirip.

Error code tersebut biasanya berkaitan dengan Windows Update yang membuat penginstalan updete anwindows jadi tertunda walaupun updete an sudah berhasil di download. Ada beberapa alasan, mengapa error code 8024402F ini bisa muncul, diantaranya:

  • Koneksi internet yang tidak stabil
  • Program Antivirus/Malware
  • Tidak terhubungnya Update Windows Center
  • Pengaturan Proxy yang salah
  • Layanan Update diberhentikan sistem

Nah didalam tutorial kali ini saya akan membagikan tips mengatasi Error Code 8024402F dengan cepat dan benar tanpa melakukan install ulang windows.

Cara Memperbaiki Error Code 8024402F Dengan Cepat 100% Sukses

kalian perlu mencoba beberapa solusi berikut ini. Karena Error Code 8024402F memiliki penyebab yang sangat spesifik.

Meskipun trik ini bisa saya lakukan di Windows 10, tetapi tidak jauh beda dengan versi sistem operasi windows lainnya

SOLUSI 1: Perbaikan Dasar

Biasanya masalah windows updater bisa dikarenakan masalah kecil, salah satunya adalah Antivirus. Coba untuk menonaktifkan sementara antivirus saat melakukan update dan juga nonaktifkan Firewall lalu coba untuk mengupdate windows lagi. Pastikan juga koneksi internet stabil dan tidak ada filter yang diaktifkan

Kalian juga bisa melakukan instalasi manual dengan cara mengakses file log pada Windows Update untuk memastikan bagian update mana yang gagal di di instal, caranya sebagai berikut:

  1. Tekan tombol Windows + R untuk membuka run
  2. Setelah itu kalian ketikkan perintah:
    windowsupdate.log
  3. Kalian juga harus membuka notepad untuk mencatat setiap tanggal pada kolom pertama. Perhatikan pada updete an yang gagal. Tutup semuanya dan cari di folder tempat update yang sudah di download
  4. Buka CMD dengan mode administrator
  5. Tekan Enter untuk memulai update yang siap diinstall

Maka proses install update secara manual akan segera dimulai. Cara ini sangat ampuh untuk mengatasi error code 8024402F saat mencoba menginstall fitur update windows.


SOLUSI 2: Cek Windows Update Services

  1. Tekan tombol Windows + R untuk membuka run
  2. Lalu ketikkan perintah:
    services.msc
  3. Cari services: MSI Installer, BITS, Windows Update Services, Cryptographic. Lihat apakah services tersebut benar-benar sudah running atau berjalan
  4. Kalian klik kanan pada Services tersebut lalu pilih Stop dan klik start lagi untuk menjalankannya 
  5. Yang terakhir kalian Restart komputer dan lihat hasilnya

SOLUSI 3: Cek Settingan Jam Dan Tanggal

Terkadang error code 8024402F bisa terjadi karena hal yang sepele, seperti  salah dalam melakukan format jam. Pastikan jam sudah di setting dengan benar

  1. Buka Control Panel dari Start Menu
  2. Pilih Clock, Language, and Region
  3. Setelah itu pergi ke Date and Time
  4. Pilih "Change Time Zone" dan atur zona waktu yang benar
  5. Klik OK dan Restart komputer kalian

Beberapa solusi diatas bisa membantu dalam mengatasi Error Code 8024402F Tanpa Install Ulang Windows. Walaupun hal tersebut tidak mungkin terkadang tidak bisa mengatasi masalah, tetapi cara diatas sudah saya praktekan dalam komputer saya untuk memperbaiki error code 8024402F saat akan melakukan update windows.

Dibalik semua itu, cara yang ampuh untuk mengatasi masalah yang akan mendatang adalah dengan cara melakukan pencegahan dengan menginstal dan menjalankan program antivirus secara teratur dan mengupdate databasenya agar sewaktu-waktu ada virus baru, Antivirus bisa menghandel nya.

Posting Komentar
TULIS KOMENTAR