Cara Mengatasi Error Code 0x8007042c Tanpa Instal Ulang Windows

Error code 0x8007042c biasanya terjadi ketika akan melakukan cek atau update windows. Error code ini juga bisa muncul saat mencoba mengakses pengaturan Firewall windows. Error Code 0x8007042c juga biasanya disertai dengan pesan "There were some problems installing updates, but we’ll try again later"

Sementara jika error code muncul saat melakukan settingan Firewall, maka pesan yang muncul biasanya "Windows Firewall Can’t change some of your settings".

Nah didalam tutorial kali ini saya akan membagikan tips mengatasi Error Code 0x8007042c dengan cepat dan benar tanpa melakukan install ulang windows.

Cara Memperbaiki Error Code 0x8007042c Dengan Cepat 100% Sukses


SOLUSI 1: Menggunkan bantuan Troubleshooter Windows

Solusi pertama ketika terjadi error code 0x8007042c bisa menggunakan bantuan Troubleshooter yang sudah ada pada sistem windows. Alat bawaan windows ini dapat memperbaiki serta mendeteksi beberapa kesalahan, caranya sebagai berikut:
  1. Buka Start Menu dan cari troubleshooter
  2. Klik Troubleshooter .kemudian pilih tab pengaturan yang ada di bawah koak pencarian
  3. Pilih opsi find and fix problem
  4. Kemudian kalian pilih Windows Update Troubleshooter - Jalankan!

Proses ini bisa memakan waktu beberapa menit bahkan jam untuk memperbaiki dan menemukan kerusakan yang menyebabkan error code 0x8007042c. Jika sudah, coba kalian update lagi windowsnya.

SOLUSI 2: Mengaktifkan Windows Services

Kalian bisa mencoba untuk mengaktifkan windows services, caranya sebagai berikut:

  1. Tekan tombol Windows + R - lalu ketikkan
    services.msc
  2. Jika sudah kalian cari windows update service pada daftar yang ada
  3. Apabila sudah ketemu, kalian klik kanan dan pilih 
  4. Cari bagian yang menunjukkan jenis Startup kalian rubah jadi Automatic
  5. Kemudian kalian pilih start yang ada di menu status - lalu ok untuk konfirmasinya
  6. Kalian juga harus mengaktifkan bagian jenis startup lainnya ke Automatic, seperti: Cryptographic service, Windows installer, Windows time, and the Background Intelligent Transfer Service

SOLUSI 3: Menonaktifkan Antivirus Services

Terkadang program antivirus bisa menimbulkan error code 0x8007042c saat akan melakukan update windows dikarenakan menganggap file dari update windows tersebut baru dikenali dan dianggap virus. Untik cara ketiga ini, kalian bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini untuk mengatasi masalah error code 0x8007042c:

  1. Uninstall program antivirus pada sistem - klik tombol windows dan cari update
  2. Buka jendela update dan lakukan update
  3. Install semua jenis pengupdetannya termasuk semua bagian yang disarankan
  4. Jika sudah update, kalian bisa restart komputer dan lihat hasilnya
Dengan melakukan penonaktifan Antivirus, kalian bisa memastikan bahwa salah hal tersebut bisa memperlancar update karena tidak terhalang oleh Firewall dan Antivirus yang mengganggu proses dan apabila masih terjadi error, kalian bisa menggunakan bantuan alat dari windows yang namanya Windows media Creation tool dengan syarat sudah menonaktifkan antivirus dan firewall. Kalian ikuti saja langkah-langka yang ada pada alat tersebut untuk membereskan masalah error code 0x8007042c.

SOLUSI 4: Menghapus Malware

Error Code 0x8007042c bisa terjadi karena terdapat malware pada sistem windows. Kalian harus melakukan scanning malware secara menyeluruh pada sistem untuk memusnahkan malware yang bersembunyi, caranya sebagai berikut:

  1. Download Microsoft Security Scanner di situs Microsoft
  2. Setelah di download, kalian install kalian jalankan programnya untuk memulai proses scanning dan menghapus semua malware secara menyeluruh di sistem.
Error Code 0x8007042c memang bisa disebabkan oleh banyak hal, tetapi beberapa metode diatas bisa kalian coba untuk memperbaiki masalah tersebut dengan cepat dan akurat. Kalian bisa memanfaatkan beberapa alat gratis dari Microsotf, seperti: Media Creation Tool, Troubleshooter, dan lain sebagainya.

Posting Komentar