Cara Mengatasi Error Code 0xc0000428 Tanpa Instal Windows

Error Code 0xc0000428 salah satu jenis error code yang terkait dengan update Windows dan ketika sistem akan melakukan pembaruan sistem dimana Windows tidak dapat memverifikasi tanda pada file tertentu.

Error code ini bisa terjadi di setiap versi windows, dan kabanyakan para pengguna yang mengalami error ini 98% sistem registry mereka mengalami kerusakan.

Beberapa tanda munculnya Error Code 0xc0000428 salah satunya saat sistem melakukan booting. Sistem boot manager loader yang ada pada sistem operasi Windows 7, 8, dan 10 akan melakukan pembacaan pada data konfigurasi boot dan akan menampilkan menu pemilihan sistem operasi. 

Dan biasanya para pengguna OS windows yang ingin mengganti OS windows lama ke versi yang baru akan mengalami pesan error ini karena Windows versi lamanya belum terhapus dengan benar dan file yang sama masih tertaut dengan versi windows yang lama, sehingga manajer boot tidak bisa diperbarui dengan benar.

Ada beberapa penyebab terjadinya Error Code 0xc0000428 ,diantaranya:

  • Boot Manager Sudah ssetelah update OS. Error ini bisa terjadi saat proses instalasi windows. Saat pengguna menginstal OS windows ke versi baru yang menimpa versi lama artinya sudah ada entri boot manager sehingga tidak bisa berjalan dengan baik, maka error code 0xc0000428 akan muncul dan proses start up akan berhenti.
  • Mengeluarkan CD/USB instalasi windows sebelum penginstalan windows benar-benar sudah sempurna. Kejadian ini bisa mengakibatkan bootloader sistem pada disk boot utama menjadi rusak dan akan muncul error code 0xc0000428
  • Hardware atau software yang rusak karena tidak dapat di identifikasi, sehingga sistem mengira hal tersebut berbahaya karena dianggap dari sumber yang tidak dikenali.
  • Memakai Disc Boot versi lama pada sistem operasi windows yang lebih baru. Contohnya ada pengguna windows yang menginstal windows versi baru pada harddisk, lalu kemudian menghubungkan harddisk tersebut ke windows yang versi berbeda atau lama untuk mengatur mode dual boot. Dalam kasus ini manajer boot versi lama yang akan dipakai untuk proses boot, sehingga dapat berhenti dan dapat mengakibatkan error 0xc0000428

Nah didalam tutorial kali ini saya akan membagikan tips mengatasi Error Code 0xc0000428 dengan cepat dan benar.

Cara Memperbaiki Error Code 0xc0000428 Dengan Cepat 100% Sukses


SOLUSI 1: Menonaktifkan Peripheral Hardware

Karena manajer boot versi lama yang sering mengakibatkan error code 0xc0000428, maka dengan cara menggantinya dengan versi yang baru dan benar bisa menyembuhkan error code 0xc0000428 tanpa melakukan instal ulang windowsnya.
  1. Booting ke instalasi windows lewat CD/USB instalasi.
  2. Jika sudah masuk, kalian atur dan next lalu kalian pilih "Repair Your Computer"
  3. Pilih instalasi windows biasanya di Partisi C: lalu next
  4. Lalu pilih "Command Prompt"
  5. Kemudian ketikkan Bcdboot C:/windows /s D:/

SOLUSI 2: Copot Hardware Yang Baru Saja Terpasang

Memasang hardware baru bisa menjadi penyebab error code 0xc0000428. Apabila kalian memang memasang perangkat keras terbaru pada PC, cobalah untuk mencopotnya dan restart. Lalu kemudian lihat hasil perubahannya.

SOLUSI 3: Menguninstall Software Yang Baru Saja Terpasang Di PC

Software yang baru saja kalian install bisa jadi penyebab terjadinnya error code 0xc0000428. Software yang baru saja terinstal mungkin mengcopy file Library yang tidak support dengan OS yang dipakai saat ini, sehingga dapat menimbulkan error code 0xc0000428. 

SOLUSI 4: Mengembalikan Driver Yang Sudah Diupdate

Mengembalikan driver ke versi sebelumnya bisa mengatasi masalah error code 0xc0000428. Kalian bisa klik kanan device atau perangkat yang baru-baru ini kalian update - kemudian pilih driver rollback di bawah tab driver pada kotak dialog properties device.

0xc0000428 merupakan erro code yang harus segera diperbaiki secepat mungkin, karena bisa membuat kegagalan atau sistem jadi lemot.

Posting Komentar