Cara Mengatasi Error Code 0xc0000005 Dengan Mudah Dan Benar

Munculnya Kode error Windows 0xc0000005 merupakan salah satu kesalahan yang sering ditemui para pengguna sistem operasi sejutaumat ini. Terjadinya error code 0xc0000005 bisa menjadikan PC tidak dapat melakukan atau menjalankan proses yang kita mulai.

Kode error ini bisa ditemui saat kita  akan menjalankan program atau aplikasi. Error ini bisa menunjukkan bahwa aplikasi gagal dalam menginisialisasi secara benar dan proses akan dihentikan.

Error code 0xc0000005 ini tidak mencangkup itu saja tetapi bisa sangat luas. Hal tersebut dapat disebabkan karena berbagai macam faktor yang terkait dengan program yang sudah diinstal di komputer, atau perangkat keras yang terpasang di komputer. Berikut ini ada beberapa sebagian faktor umum yang terjadi:

  • Driver perangkat keras yang rusak atau hilang.
  • Konfigurasi perangkat keras yang salah
  • Virus atau malware
  • File registry atau file system yang rusak
  • Program yang terinstal seperti program antivirus yang bisa mengganggu proses running program.
  • RAM yang penuh atau kapasitas RAM yang kurang
  • Program tidak support
  • Fitur keamanan eksekusi data (DEP)

Nah didalam tutorial kali ini saya akan membagikan tips mengatasi Error Code 0xc0000005 dengan cepat dan benar.

Cara Memperbaiki Error Code 0xc0000005 Dengan Cepat 100% Sukses

SOLUSI 1: Troubleshooting

Solusi pertama kalian bisa melakukan scanning virus atau malware dengan program antivirus atau malware yang terinstal di komputer.

Virus / Malware merupakan salah satu penyebab utama dan umum dari munculnya Error Code 0xc0000005. Cobalah untuk memulai lakukan scanning virus atau malware untuk menyembuhkan komputer kalian.

Periksa semua software yang terinstal di komputer. Dan pastikan jika software yang akan kalian jalankan sebelum kesalahan terjadi adalah software atau program terbaru. Jalankan programnya dan lihat apakah kesalahan sudah berhasil teratasi.

Lalu cek apakah ada Hardware yang baru-baru ini dipasang pada komputer seperti RAM atau printer baru? Cek keadaan drivernya?. Pastikan bahwa driver untuk perangkat keras tersebut versi terbaru. Atau jika tidak support, kalian bisa melepas perangkat keras yang baru dipasang untuk melihat apakah hal tersebut memang yang menyebabkan error code 0xc0000005.

Lakukan langkah-langkah simpel tersebut untuk melihat hasilnya.

SOLUSI 2: Memperbaiki File System Yang Corrupt

Melakukan instalasi software dan menguninstalnya juga merupakan salah satu penyebab rusaknya file system. Melakukan perbaikan pada filesystem bisa mengatasi kesalahan 0xc0000005.

  1. Buka "Command Prompt" dengan klik kanan dan run administrator
  2. Setelah itu ketikkan "sfc/scannow" lalu enter

Maka sistem akan melakukan scanning. Tunggu sampai muncul laporan pemberitahuan. Dan cek apakah sistem sudah berhasil memperbaiki kesalahan 0xc0000005

SOLUSI 3: Disable Data Execution Prevention (DEP)

DEP adalah sekumpulan fitur keamanan yang tugasnya memeriksa memori pada komputer yang berguna untuk memanajemen dan melindungi komputer dari serangan virus. DEP juga bisa menjadi penyebab terjadinya Error code 0xc0000005 pada beberapa program yang menyangkut kompatibel DEP. Menonaktifkannya sementara bisa bisa memperbaiki error code 0xc0000005
  1. Tekan tombol Windows + R
  2. Lalu ketikkan sysdm.cpl
  3. Pilih "Advanced" pada tab properti sistem
  4. Pergi ke "Settings"
  5. Lalu pilih tab "Data Execution Protection".
  6. Pilih "Turn on DEP for all programs and services except those I select.
  7. Klik "Add" sebelum mengklik "OK"
  8. Lalu "APPLY" untuk menyimpan perubahnnya

Tutup semua jendela sekarang dan coba kalian cek Exception Error 0xc0000005 Persists.

SOLUSI 4: Mereset Pengaturan Internet Explorer

Internet Explorer juga memiliki peranan penting terjadinya Error 0xc0000005. Soba melakukan settingan ulang untuk memperbaiki masalah tersebut. Cukup ketikkan inetcpl.cpl pada kotak pencarian. Sebelum enter nanti akan muncul Properties, Kalian klik "Security" tab dan reset semuanya secara default. Cara ini sangat simpel untuk memperbaiki Error 0xc0000005.

SOLUSI 5: Disable Proxy

Seperti halnya pada security Internet Explorer, pengaturan proxy pada sistem komputer juga bisa menjadi penyebab terjadinya error 0xc0000005. Cobalah untuk Menonaktifkannya untuk mengatasi masalah tersebut.
  1. Buka CMD
  2. Ketikkan netsh winhttp import proxy source = ie

Lalu kalian lihat apa yang muncul pesannya. Pesan tersebut adalah hasil dari error pada pengaturan proxy, yang mebuat kalian tidak bisa mengakses. Jadi kalian nonaktifkan saja untuk memperbaikin nya.

  1. Buka "Internet Explorer"
  2. Pergi ke "Tools sebelum membuka "Internet Option"
  3. Pilih "LAN Settings" pada tab Connectinos
  4. Lalu pilih "Use a proxy server for your LAN."
  5. Ketik alamat server proxy di kotak "Address" yang terbuka.
  6. Lalu ketikkan nomor port.(j) dan "OK" untuk menyimpan perubahan

SOLUSI 6: System Restore

DEP adalah sekumpulan fitur keamanan yang tugasnya memeriksa memori pada komputer yang berguna untuk memanajemen dan melindungi komputer dari serangan virus. DEP juga bisa menjadi penyebab terjadinya Error   code 0xc0000005 pada beberapa program yang menyangkut kompatibel DEP. Menonaktifkannya sementara bisa bisa memperbaiki error code 0xc0000005
  1. Tekan tombol Windows + R
  2. Lalu ketikkan sysdm.cpl
  3. Pilih "Advanced" pada tab properti sistem
  4. Pergi ke "Settings"
  5. Lalu pilih tab "Data Execution Protection".
  6. Pilih "Turn on DEP for all programs and services except those I select.
  7. Klik "Add" sebelum mengklik "OK"
  8. Lalu "APPLY" untuk menyimpan perubahnnya

Tutup semua jendela sekarang dan coba kalian cek Exception Error 0xc0000005 Persists.