Scroll untuk melanjutkan membaca
Cara Mengatasi Error Code 0x80071a90 Dengan Benar Dan Mudah

Cara Mengatasi Error Code 0x80071a90 Dengan Benar Dan Mudah

Error code 0x80071a90 biasanya terkait dengan proses penginstalan yang berhubungan dengan komponen .net Framework pada Windows 10. Kode error ini biasanya dibarengi dengan pesan “The function attempted to use a name that is reserved for use by another Transaction”.

Error code tersebut juga bisa muncul saat mencoba menambahkan fitur Hyper-V pada Windows 8 dan 10. Nah didalam tutorial kali ini saya akan membagikan tips mengatasi Error Code 0x80071a90 dengan cepat dan benar tanpa melakukan install ulang windows.

Cara Memperbaiki Error Code 0x80071a90 Dengan Cepat 100% Sukses


SOLUSI 1: Cek Filesystem

Untuk memperbaiki error code 0x80071a90  adalah dengan bantuan alat System File Checker tool. Alat ini berguna untuk menemukan file sistem yang rusak dan memperbaikinya. Tidak hanya itu saja, Tools ini juga berguna untuk memperperbaiki Windows Resource Protection (WRP) yang rusak atau hilang pada sistem, sehingga sistem operasi tidak dapat berfungsi seperti normalnya. Untuk menjalankan alat ini, kalian bisa ikuti cara berikut:
  1. Buka "command prompt (Jalankan sebagai Admin)".
  2. Setelah itu ketikkan sfc /scannow
  3. Alat ini akan melakukan scanning file sistem, dan akan menggantinya. Alat ini dapat mengganti salinan cache yang ada di %WinDir%/System32/dllcache pada folder yang terkompresi.

Kalian tunggu sampai prosesnya 100%. Jika sudah, maka code error 0x80071a90 berhasil diperbaiki. Jika gagal, kalian bisa memperbaiki secara manual dengan mengganti salinan cache yang benar.

Apabila tools tersebut tidak dapat berjalan, maka kalian harus masuk windows dengan posisi Safe Mode. Kalian juga harus cek apakah folder PendingRenames dan PendingDeletes ada di direktori %WinDir%/WinSxS/Temp.

Apabila kalian mendapatkan pesan error "Windows Resource Protection did not find any integrity violations" maka tools tersebut tidak berhasil menemukan file yang rusak. Maka kalian bisa lanjut ke solusi ke 2.

SOLUSI 2: Disable Antivirus

Apabila error code muncul 0x80071a90 muncul ketika kalian mencoba menginstal fitur Hyper-V dan memakai program antivirus Avast,  Maka kalian bisa dengan mudah mengatasinya dengan mematikan antivirus serta mematikan software lainnya yang memakai mesin virtual.

SOLUSI 3: Safe Mode

  1. Restart komputer dan saat booting kalian tekan F8 untuk masuk menu Safe mode
  2. Pilih Safe Mode pada menu boot
Beberapa software yang terinstall di komputer bisa mempengaruhi kinerja PC, maka dari itu kalian bisa masuk ke Safe Mode untuk menonaktifkan semua software pengganggu sistem.Apabila Safe Mode masih belum bisa menyelesaikan masalah, kalian bisa menutup software yang mengganggu pada yang berjalan di background.

SOLUSI 4: Membersihkan Boot

Kalian bisa melakukan pembersihan Boot untuk mengatasi error code 0x80071a90. Untuk caranya sendiri, kalian bisa ikuti langkah berikut:

  1. Kalian harus menonaktifkan semua layanan software pihak ketiga
  2. Klik kanan Taskbar dan pilih task manager
  3. Klik More Detail dan pilih tab start up
  4. Selanjutnya kalian Disable semua aplikasi atau software yang Enable pada Startup
  5. Kalian bisa pilih softwarenya dan klik kanan - pilih Disable
  6. Langkah selanjutnya, kalian nonaktifkan semua layanan pihak ketiga selain Microsoft Services. Untuk melakukannya: Kalian tekan tombol Windows + R - ketikkan msconfig
  7. Jika sudah masuk, kalian pergi ke tab Services.
  8. Centang pada hide all Microsoft services, setelah itu baru disable semua layanan atau services yang ada.
  9. Kemudian kalian restart komputer dan lihat hasilnya.

SOLUSI 5: Menggunakan Troubleshooter

Kalian juga menggunakan tools bawaan windows yaitu, Troubleshooter. Alat ini akan melakukan perbaikan secara otomatis dan melacak beberapa kesalahan yang ada pada sistem. Untuk langkahnya, kalian bisa ikuti cara berikut:

  1. Buka Control Panel
  2. Lalu Ketikkan Troubleshooting pada kotak pencarian
  3. Pada menu Troubleshooting, kalian pilih System and Security.
  4. Klik windows Update yang ada di bawah
  5. Pilih "Command Prompt".
  6. Klik Advanced dan pilih jalankan sebagai administrator
  7. Kalian tekan next dan ikuti panduan di layar
Dan tunggu hingga prosesnya selesai. Maka Error Code 0x80071a90 dapat dengan mudah diatasi oleh alat ini.

Error Code 0x80071a90 memang sangat sering terjadi ketika kalian mencoba untuk melakukan instal fitur windows. Dengan mengikuti beberapa solusi diatas, Setidaknya kalian bisa memperbaiki masalah Error Code 0x80071a90 tanpa melakukan instal ulang windows.

Posting Komentar
TULIS KOMENTAR