Cara Mengatasi Error Code 0x8007001f Tanpa Instal Ulang

Error code 0x8007001f sering ditemui ketika kalian mencoba menginstal update an terbaru pada windows. Bagi para pengguna windows, error code 0x8007001f akan tampil sebelum update an didownload sepenuhnya. 

Error code 0x8007001f bisa muncul saat setelah mengupdate Windows 10 yang dibarengi dengan tidak cocoknya driver konektivitas Bluetooth dan audio. Sebagian besar, error code ini muncul disebabkan karena driver audio yang tidak support antara Windows 10 dan hardware komputer.

Ada beberapa alasan, mengapa error code 0x8007001f ini bisa muncul, diantaranya:

  • Koneksi internet yang tidak stabil
  • Tidak cocoknya folder system DataStore
  • Registry yang rusak atau file system yang rusak
  • Pengaturan waktu yang tidak cocok dengan waktu di internet
  • Layanan Update diberhentikan sistem

Nah didalam tutorial kali ini saya akan membagikan tips mengatasi Error Code 0x8007001f dengan cepat dan benar, kalian bisa menggunakannya satu persatu metode berikut ini:

Cara Memperbaiki Error Code 0x8007001f Dengan Cepat 100% Sukses

SOLUSI 1: Menggunakan Bantuan Troubleshoot

  1. Cari troubleshooter pada jendela pencarian start menu.
  2. Setelah itu klik troubleshoot dan pilih tab setting.
  3. Kemudian pilih View All lalu pilih Windows update troubleshooter dan jalankan.

Troubleshoot akan bekerja dan akan memperbaiki masalah yang ada. Jika proses selesai, kalian bisa mendownload update an dan lihat apakah error code 0x8007001f sudah berhasil diperbaiki.

SOLUSI 2: Gunakan Audio Troubleshooter

Apabila error code dibarengi dengan hilangnya audio, maka kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik Tombol Windows dan cari audio troubleshooter
  2. Pilih Find and fix audio playback issues.
  3. Kemudian Klik next, agar Troubleshooter memperbaiki error code 0x8007001f

SOLUSI 3: Update Audio Driver

Error code 0x8007001f  dapat terjadi setelah  melakukan update, atau ketika kalian upgrade driver audio. Pada masalah ini, kalian wajib menentukan nomor model komputer yang kalian pakai. 

Jika kalian sudah mengetahui modelnya, kalian bisa masuk ke windows explorer, lalu klik "This PC" lalu pilih "uninstall and change a program". Setelah itu kalian temukan driver audio untuk komputer dan hapus instalannya.

Lalu kalian cari di internet, pergi ke website pabrikan komputer dan cari driver audio yang terpasang pada jenis komputer kalian. Setelah itu download dan instal driver audio tersebut. Jika sudah diinstall kalian bisa merestart komputer dan lihat hasilnya, maka error code 0x8007001f akan diperbaiki.

Kalian juga bisa mendownload update an driver dari pilihan pengaturan driver soundcard, caranya sebagai berikut:

  1. Klik kanan pada ikon windows lalu pilih masuk ke Device Manager
  2. Di bawah Audio, Game, Video, pilih sound card kalian.
  3. Setelah soundcard terbuka, kalian bisa pilih tab driver dan pilih opsi untuk update driver.
  4. Opsi ini akan mencari dan mengunduh, serta menginstal driver audio apa pun yang dibutuhkan oleh sistem. Jika sudah kalian bisa lihat hasilnya, maka error code 0x8007001f berhasil diperbaiki.

SOLUSI 4: Menggunakan Media Creation Tool

Apabila error code 0x8007001f masih saja muncul padahal sudah mengikuti cara diatas, maka salah satu cara terakhir adalah dengan menggunakan bantuan alat Media Creation yang bisa di download di website Microsoft.

Kalian download sesuai dengan versi 32 atau 64 tergantung sistem operasi yang kalian pakai. Media Creation Tool ini akan menginstruksi dalam hal pembaruan sistem, sehingga error code 0x8007001f dapat dengan mudah diperbaiki.

Beberapa solusi diatas bisa kalian praktekan satu per satu untuk mengatasi Error Code 0x8007001f Tanpa Install Ulang Windows.