Cara Mengatasi Error Code 0xC0000034 Tanpa Instal Ulang Windows

Munculnya pesan error code pada windows memang ada banyak sekali penyebabnya. Menurut beberapa kejadian pengguna komputer terkadang pesan error muncul saat memulai komputer. Pesan Error Code muncul tepat ketika komputer mulai boot dan kejadian itu bisa membuat seseorang takut akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satu error code yang sering dijumpai adala 0xc0000034.

Error code 0xc0000034 atau biasa disebut dengan layar biru (Blue Screen), akan muncul tepat saat kita memulai komputer Anda, sehingga tidak mungkin sistem operasi melakukan booting karena layar berubah menjadi biru. Munculnya pesan error ini dapat menunjukkan pada sesuatu yang mengarah pada file Data konfigurasi boot (BCD).

Terjadinya Error Code 0xc0000034 menunjukkan file BCD tersebut sedang mengalami kerusakan. Walaupun kesalahan terkait BCD tidak hanya berkaitan dengan satu file BCD tertentu saja, melainkan ada Banyak faktor yang bisa mengakibatkan rusak file yang disebabkan oleh virus atau malware, pemadaman listrik secara mendadak atau bahkan salah dalam mematikan komputer atau faktor-faktor penyebab lainnya.

Bagaimana Cara Memperbaiki Error Code 0xc0000034 Dengan Cepat 100% Sukses

Apabila kesalahan hanya terjadi ketika startup, Ada tips yang sangat jitu dalam mengatasi error code 0xc0000034 ini. Solusinya adalah dengan menggunakan DVD OS Windows atau disk instalasi USB. Jika kalian sudah memilikinya, langsung saja ke tahap perbaikannya:

  1. Masukkan CD/USB instalasi windowsnya (Jangan lupa ubah BIOS agar bisa booting lewat CD/USB).
  2. Setelah diatur biosnya, kalian restart dan tekan sembarang keyboard jika ada tulisan press any key agar bisa masuk ke instalasi (Untuk setiap laptop atau komputer beda agar bisa muncul tulisan press any key, biasanya untuk laptop F12 untuk memilih bootingnya).
  3. Jika sudah masuk ke menu instalasi kalian "Next" - pilih "Repair Computer"
  4. Pilih "Troubleshoot"
  5. Pilih "Advanced options."
  6. Pilih "Command Prompt"
  7. Jika sudah masuk cmd ketikkan bootrec/fixmbr, lalu tekan Enter
  8. Kemudian dilanjut perintah bootrec/fixboot, lalu enter
  9. lalu ketikkan bootrec/scanos, lalu enter
  10. yang terakhir ketikkan bootrec/rebuild, lalu enter

Lalu tunggu hingga proses selesai. Jika sudah restart - cabut CD/USB instalasi. Maka pesan error code 0xc0000034 berhasil diperbaiki dan komputer telah kembali normal lagi.

Memang munculmnya error code 0xc0000034 dapat membuat kita bingung dan khawatir. Salah satu cara agar tidak terjadi error code 0xc0000034 dengan menambahkan dan menjalankan program antivirus atau malware. Pastikan selalu melakukan proses scanning secara teratur agar tidak terkena virus atau malware.

Salah satu cara terpenting lainnya adalah dengan mengatur komputer agar dapat mendownload updetan yang disediakan telah disediakan Microsoft dan pastikan selalu mendownload software dan Driver dari situs terkemuka.