Cara Yang Benar Hitung Watt Dan Biaya Listrik Komputer Dengan Mudah Dan Akurat

Komputer memang memiliki watt yang bisa terbilang lumayan tinggi dan tentu saja watt dari komputer atau pc ini bisa naik turun seiring dengan kebutuhan pengoperasian serta kerja dari prosesor saat membuka suatu aplikasi atau tugas-tugas. Misalnya jika kita menggunakan komputer untuk melakukan editing dan render video, maka beban watt juga akan naik meskipun cuma naik dalam angka puluhan saja.

Sebaliknya jika komputer kita tidak melakukan tugas apapun alias diam saja di desktop, maka watt yang dibutuhkan juga sedikit. Keuntungan untuk mengetahui watt pemakaian komputer kita, diantaranya:

Apabila kita bisa menentukan dan mengetahui Watt Pemakaian komputer

  • Mengetahui dan bisa mengira-ngira berapa kwh yang dibutuhkan dalam harian atau bulanan
  • Bisa menghitung biaya pemakaian listrik bulanan dan harian pada komputer dengan mengetahui pemakaian dari watt
  • Kita bisa menghemat dan memanajemen pemakaian listrik

Nah dalam tutorial kali ini saya akan membagikan cara bagaimana menghitung watt listrik kwh komputer dengan benar dan akurat. Pertama-tama jika kita ingin menentukan pemakaian watt pc kita, maka harus di butuhkan alat yang namanya kwh meter digital.

Kalian bisa membelinya di online shop. Alat ini sangat akurat dalam menentukan watt komputer dan bisa naik turun wattnya karena watt yang akan ditampilkan akan secara real time tidak menduga-duga seperti perhitungan manual. Oke saya anggap disini kalian sudah beli alat ini, langsung saja caranya ada di bawah:

Tutorial Cara Menghitung Watt Dan Biaya Listrik Komputer Dengan Akurat dan Benar

  1. Kalian tancapkan kabel power komputer ke alatnya, setelah itu nyalakan komputer pc dan nanti kalian akan melihat watt pemakaian di layar utama dari alat tersebut.
  2. Jika sudah kalian bisa menekan tombol function untuk pindah menu, arahkan ke menu cost untuk mensetting harganya per kwhnya terlebih dahulu. Ingat harga tarif dasar listrik tiap rumah berbeda-beda tergantung golongan rumah. Berikut ini ada beberapa tarif dasar listrik dari PLN. Disini saya memasang listrik dirumah cuma 1300va jadi saya ikut golongan ke 2 jadi biaya per kwhnya 1.444
  3. Setelah mengetahui biaya tarif dasar listrik nya, kita bisa menginputkannya ke alat. kalian tahan tombol cost selama 3 detik sampai tulisan berkedip
  4. Jika tulisan sudah berkedip, kalian tekan tombol function untuk memulai memasukkan nilai tarif dasar listriknya. Tombol up untuk menaikkan angka dan tombol down untuk menurunkan angka. Disini saya akan memasukkan angka 1444 karena itu tarif dasar listrik rumah saya yang sebesar 1300VA. jika sudah simpan dengan menekan tombol cost. Lalu kembali ke menu utama.

Nah disini kita sudah mensetting biaya listrik untuk komputer kita. Untuk timer waktu pemakaian ada di angka paling atas dan watt yang sekarang terpakai.

Untuk melihat pemakain kwh, kalian bisa menekan tombol function untuk pindah ke menu kwh.

Itu tadi perhitungan secara otomatis menggunakan alat. Sekarang kita akan menghitung secara manual yang bisa kita gunakan sebagai patokan untuk mengira-ngira
dan menentukan berapa biaya pemakaian bulanan. Berikut rumus perhitungannya.

Disini Saya contohkan pemakaian watt komputer saya 90watt, jadi cara hitungnya:
  1. 90 watt x 8 jam = 720 watt 
  2. 720 watt / 1000 = 0.72 kwh
    NB: / 1000 adalah rumus untuk menentukan kwh

Jadi pemakain komputer digunakan 8 jam per hari sebesar 0.72 kwh. 

Sekarang kita menghitung biaya bulanannya

0.72 kwh x 30 hari = 21.6 kwh

Jadi pemakaian komputer saya perbulan bisa sampai 21.6 kwh

Dan disini saya contohkan kalau saya sudah membeli token listrik di indomaret. saya beli pulsa token listrik sebesar 100 ribu, maka saya mendapatkan 46.8 kwh. Tinggal kita kurangi saja 46.8kwh - 21.6 kwh = jadi sisa 25.2 kwh.

Itu cuma pemakaian komputer saja ya, belum alat-alat listrik lainnya seperti lampu dan kulkas atau pompa air.

Itu tadi perhitungan untuk listrik yang memakai token, nah untuk yang masih memakai manual atau meteran lama cara menghitungnya seperti berikut:

kwh perbulan x harga VA rumah
21.6 kwh x 1444 rupiah = 31,190 perbulan (untuk perangkat 1 pc saja)

Jika masih belum paham, kalian bisa lihat video berikut ini: