Cara Membuat Kabel USB Perpanjangan Anti Air Dari Kabel LAN UTP

Di postingan ini saya akan memberikan tutorial cara bagaimana membuat kabel perpanjangan dari kabel LAN UTP agar dapat kita gunakan di Outdoor atau luar ruangan yang aman dan tahan terhadap air hujan (anti air).

Biasanya kabel perpanjangan ini bisa kita buat apabila kita ingin mempunyai kabel USB yang panjang bermeter-meter tetapi terkendala dana. Sebab harga kabel USB yang lebih dari 10 meter harganya bisa sampai setengah juta. Nah dalam artikel ini saya akan memberikan tutorialnya, bagaimana cara membuat  kabel perpanjangan USB yang hemat biaya dan tentunya bisa konek ke komputer.laptop kita.

Ada beberapa manfaat jika kita membuat sendiri kabel USB perpanjangan, diantaranya:

  • Tidak mengeluarkan banyak biaya
  • Bisa menambah wawasan dan pengalaman
  • lebih awet karena jika ada kerusakan kita bisa menggantinya dengan kabel LAN yang harganya murah

Kebanyakan seseorang ingin membuat kabel usb perpanjangan yang ditaruh di luar atau iutdoor, mereka biasanya menggunakan kable tersebut untuk menembak WiFi agar bisa internetan gratis dengan menggunakan USB Adapter Tplink 722n.

Namun perlu untuk diingat bahwa, Kabel perpanjangan USB ini bisa konekke komputer maksimal panjangnya 20 meter saja, sehingga jika kalian ingin membuatnya pastikan jangan melebihi 20 meter dan pakailah kabel LAN/UTP yang bermerek, saya rekomendasikan merk Belden.

Oke langsung saja, cara-caranya ada di bawah ini:

Tutorial Membuat Kabel Panjang USB LAN UTP Luar Ruangan Outdoor Untuk Wajan Bolic WIFI

  1. Siapkan kabel LAN UTP dan Kabel USB - lalu kupas bagian ujungnya sampai kelihatan serabut atau dalemannya.
  2. Setelah itu kalian pisahkan kabel USBnya menjadi 5 bagian:
    Kabel:
    1. Merah
    2. Hijau
    3. Hitam
    4. Silver 5. Putih
  3. Selanjutnya kalian juga pisahkan kabel UTP LAN Lainnya menjadi 5 bagiannya juga, tetapi di kabel LAN ini kalian gabungkan atau pasangkan menjadi 5 bagian juga:
    Kabel:
    1. Putih Oranye + Oranye
    2. Hijau
    3. Putih Coklat + Coklat
    4.Putih Biru + Biru
    5. Putih Hijau.
  4. Selanjutnya kabel dikupas menjadi 5 bagian, dan kalian gabungkan atau sambungkan kabel UTP dan Kabel USBnya menjadi satu, dengan urutan:
    Kabel: 1. Kabel Putih Oranye + Oranye LAN Kabel Merah USB
    Kabel: 2. Kabel Hijau LAN ⇢ Kabel Hijau USB
    Kabel: 3. Kabel Putih Coklat + Coklat LAN Kabel Hitam USB
    Kabel: 4. Kabel Putih Biru + Biru LAN Kabel Silver USB
    Kabel: 5. Kabel Putih Hijau LAN Kabel Putih USB
  5. Jika sudah tersambung atau digabungkan, kalian solder pakai timah solder dan kalian tutup pakai plester kabel anti air agar tidak kemasukan air jika di pakai di luar ruangan atau outdoor
  6. Jika sudah di solder dan ditutup pakai plester, tes kabelnya. Maka kabel siap di gunakan di luar ruangan untuk nembak WIFI atau wajan bolic dan tentunya sudah anti air karena bahan yang ada di dalam kandungan kabel utpnya ada bahan plastiknya jadi air tidak akan merembes masuk

Apabila masih bingung caranya, kalian bisa lihat video berikut ini:

Kabel perpanjangan ini sangat bermanfaat jika kalian ingin menembak WiFI jarak jauh dari luar ruangan, sehingga dengan membuat kabel USB perpanjangan dapat dimanfaatkan dan tentunya lebih menghemat biaya.