Cara Ampuh Mengamankan Wifi Dari Hacker Dengan Mac Filtering

Mengamankan wifi adalah hal yang wajib bagi pemilik wifi. Karena jika wifi kita aman, maka data dan kecepatan internet kita juga aman. Tentu saja kita tidak ingin wifi kita di jebol hacker, kalau wifi kita kejebol oleh hacker bisa-bisa internet kita jadi lambat dan yang lebih fatalnya lagi akun kita bisa diretas bahkan komputer dimata-matai hacker.

Oleh sebab itu kita diwajibkan untuk mengamankan wifi kita agar tidak diserang oleh hacker. Salah satu bentuk pengalaman wifi adalah memberikan password yang kuat, menyembunyikan wifi, dan yang terakhir mengaktifkan Mac Address dengan mode Whitelist (Daftar Putih).

Apa Keuntungan jika wifi mengaktifkan Mac Filtering mode whitelist:

  • Hacker jadi gak bisa konek karena harus jebol mac address yang rumit
  • Wifi kita jadi aman dan tanpa khawatir data dicuri hacker
  • Jika Wifi tidak dijebol oleh hacker, di sudah pasti jaringan internet kita jadi lancar dan tidak lambat karena ada penyusup yang masuk
  • Saat kita mengaktifkan fitur Whitelist, Maka perangkat yang sudah kita daftarkan pada router wifi saja yang bisa konek. Jadi perangkat (Handphone, Komputer, Tablet, laptop) yang belum didaftarkan tidak akan bisa konek ke wifi kita

Nah pada tutorial kali ini saya akan membagikan tips bagaimana cara mengamankan wifi dengan menggunakan fitur whitelist. Fitur ini memang ampuh dan merupakan salah satu fitur yang sangat kuat nomor 1 dalam urusan keamanan wifi.

Cara yang satu ini bisa dikombinasikan dengan menyembunyikan WiFi anda, maka di jamin 100% Wifi anda susah diretas oleh hacker. Oke langsung saja ya guys, berikut cara mengaktifkan fitur whitelist pada router wifi:

Tutorial Mengamankan Wifi Dengan Fitur Mac Filtering Whitelist

  1. Kalian masuk ke modem router, dan ketikkan di address bar chrome dengan alamat default dari telkom 192.168.1.1
  2. Kalian login dengan menggunakan password dari bawaan routernya, yaitu:
    username: admin password: Telkomdso123
    Atau bisa menggunakan login:
    username: user password: user
  3. Setelah login langsung saja pergi ke bagian Network - LAN, disana kalian akan melihat daftar perangkat yang konek di wifi. Kalian perlu mencatat MAC Addressnya ke notepad atau catatan dan ingat-ingat perangkat mana saja milik kalian.

  4. Disini saya menggunakan router dari Telkom yaitu ZTE F609, jadi kalian bisa masuk ke Network - WLAN - Access Control List
  5. Setelah selesai mencatatnya, kalian bisa langsung mengaktifkan mode Whitelistnya dengan masuk ke bagian, Network - WLAN - Access Control List, Lalu pilih SSID (Wifi yang ingin di setting) rubah Mode nya jadi ke Permit. Lalu kalian masukkan nomor MAC Address perangkat yang sudah kalian catat di kolom yang tersedia dan Add.

Apabila masih belum paham, kalian bisa simak video tutorialnya dibawah ini:


Cara ini lebih sulit di jebol hacker dibandingkan dengan mode blacklist, biarpun si hacker sudah tau password kita, dia bakal kesusahan jika setting whitelist ini sudah aktifkan. Karena si hacker harus mendaftarkan terlebih dahulu perangkatnya ke modem wifi agar bisa konek wifi kita.

Disamping kuatnya pertahanan dengan mode Whitelist ini kalian juga akan dibikin repot jika kalian ingin konek ke wifi dengan menggunakan perangkat HP yang belum terdaftar di wifi. Maka kalian harus memasukkannya atau mendaftarkannya secara manual agar bisa konek ke jaringan WiFi.

Demikian cara ampuh mengatasi hacker yang suka nebeng ke wifi kita, Semoga tutorial ini bermanfaat dan bisa menjaga keamanan Wifi kalian.